Jokowi Tunjuk Megawati Jadi Dewan Pembina Duta Pancasila Paskibraka

119
Megawati-Soekarnoputri
Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

Jakarta, Muslim Obsession – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Dewan Pembina Duta Pancasila Paskibraka. Megawati menduduki jabatan itu secara ex-offico.

Dia menduduki jabatan tersebut karena sedang menjabat Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Ini adalah Organisasi yang menaungi mantan Paskibraka yang telah dididik sebagai Duta Pancasila.

“Dewan pembina sebagaimana dimaksud pada ayat (2) diketuai oleh Ketua Dewan Pengarah Badan,” bunyi pasal 14 ayat (4) Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2022.

Dewan Pembina Duta Pancasila Paskibraka beranggotakan Kepala BPIP; Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan; Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan; serta Menteri Dalam Negeri.

Organisasi ini berdiri di pusat hingga daerah. Gubernur memimpin Pembina Duta Pancasila Paskibraka tingkat provinsi, sedangkan bupati/wali kota memimpin Pembina Duta Pancasila Paskibraka tingkat kabupaten/kota.

Perpres tersebut juga mengatur pembinaan mantan Paskibraka sebagai Duta Pancasila. Orang yang telah bertugas sebagai paskibraka akan dididik secara khusus menjadi Dita Pancasila oleh BPIP.

“Pembinaan lanjutan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi: a. pendidikan dan pelatihan pembinaan ideologi Pancasila; dan b. pengarusutamaan Pancasila,” bunyi pasal 11 ayat (2) perpres itu. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here