Jokowi Resmi Lantik Yudo Margono sebagai Panglima TNI

64

Jakarta, Muslim Obsession – Presiden Joko Widodo resmi melantik Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI. Yudo menggantikan posisi Jenderal Andika Perkasa. Pelantikan dilaksanakan di Istana Negara Jakarta. Jokowi memimpin pelantikan itu dengan pengambilan sumpah jabatan.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Jokowi membacakan sumpah diikuti Yudo di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/12).

Pelantikan itu dihadiri sejumlah pejabat negara. Beberapa di antaranya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Yudo mengisi posisi yang akan ditinggalkan Andika. Andika akan memasuki masa pensiun pada 21 Desember 2022.

Yudo lulus Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 1988. Ia meniti karier di TNI AL dengan menjadi bagian KRI YNS. Saat itu, Yudo menjabat Asisten Perwira Divisi (Aspadiv) Senjata Artileri Rudal KRI YNS.

Selama karier di TNI AL, Yudo dipercaya memimpin berbagai kapal perang. Ia juga diberi mandat menjadi Panglima Komando Armada I (Pangkoarmabar) pada 2018.

Dia juga sempat menjabat Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I pada 2019. Pada awal pandemi Covid-19, Yudo memimpin sejumlah operasi, mulai pemulangan WNI dari China hingga pendirian Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet.

Yudo duduk di pucuk pimpinan TNI AL sejak 2020. Kala itu, Yudo menggantikan Laksamana TNI Siwi Sukma Adji yang pensiun dari Kepala Staf Angkatan Laut. (Al)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here