Jokowi Presiden Pertama di Asia yang Berkunjung ke Kyiv, Ukraina

64

Jakarta, Muslim Obsession – Presiden Joko Widodo tiba di Ibu Kota Ukraina, Kyiv, pada Rabu (29/6), usai menempuh perjalanan 12 jam menggunakan kereta melalui Polandia. Jokowi menjadi pemimpin negara Asia pertama yang ke Ukraina usai invasi.

“Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 11 jam, Kereta Luar Biasa (KLB) yang membawa Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana tiba di Peron 1 Stasiun Central Kyiv, Ukraina sekitar pukul 08.50 waktu setempat, Rabu, 29 Juni 2022,” demikian pernyataan Sekretariat Presiden RI.

Dalam konferensi pers virtual pada pekan lalu, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan lawatan Jokowi ke Ukraina dan Rusia nanti menunjukkan kepedulian Indonesia terhadap isu kemanusiaan.

Retno juga mengatakan Indonesia mencoba berkontribusi menangani krisis pangan imbas perang dan mendorong perdamaian antara Rusia dan Ukraina yang telah berperang selama 4 bulan lebih.

Tak hanya itu, Retno menyoroti bahwa Jokowi bakal menjadi presiden Asia pertama yang berkunjung ke Ukraina dan Rusia sejak invasi Moskow berlangsung pada Februari lalu.

“Presiden Jokowi akan merupakan pemimpin Asia pertama yang akan melakukan kunjungan ke dua negara tersebut (Ukraina-Rusia),” katanya.

Setelah melawat Ukraina, Jokowi pun langsung berangkat menuju Rusia dan bertemu Presiden Vladimir Putin di Moskow.

Retno mengatakan agenda utama Jokowi ke Moskow hampir sama yakni mendorong perdamaian antara Ukraina-Rusia.

Sementara itu, Kremlin sebelumnya juga mengatakan lawatan Jokowi ke Moskow juga akan membahas rencana kehadiran Putin dalam pertemuan puncak (KTT) G20 di Bali November mendatang. (Al)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here