Jokowi Diangkat Jadi Pangeran Kesultanan Ternate

121

Jakarta, Muslim Obsession – Sultan Ternate Hidayatullah Sjah resmi mengangkat Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Pangeran Kesultanan Ternate.

Pengangkatan itu diawali dengan prosesi adat di Kedaton Sultan Ternate, Kota Ternate. Jokowi hadir mengenakan pakaian kebesaran Roke berwarna hitam.

“Beliau Yang Mulia Presiden Republik Indonesia juga dinobatkan sebagai Pangeran Kesultanan Ternate dengan gelar Kaitjil. Kaitjil itu pangeran atau garis kesatu dari Sultan Ternate,” kata Hidayatullah, dikutip dari keterangan tertulis Sekretariat Presiden, Rabu (28/9).

Pada kesempatan itu, Jokowi juga diberikan gelar Dada Madopo Malomo. Gelar itu berarti pemimpin besar dalam bahasa Indonesia.

Prosesi itu ditandai dengan penyematan mahkota adat Lastar Ngare. Jokowi resmi menyandang dua gelar baru itu setelah mengenakan mahkota tersebut.

“Arti dari gelarnya itu sendiri adalah seorang pemimpin besar atau pemimpin sebuah negara besar yang mana dalam memimpin negara besar itu, kearifan dan bijaksananya seorang pemimpin itu lebih dikedepankan,” ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi menerima gelar kehormatan dari Kesultanan Buton. Jokowi menyandang gelar La Ode Muhammad Lakina Bhawaangi yi Nusantara setelah menjalani prosesi kemarin. (Al)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here