Jokowi: Covid-19 Masih Ada, Pakai Masker di Luar Ruangan

68
Presiden Jokowi minta 8 Juli Asrama Haji Pondok Gede beroperasi sebagai RS Darurat (foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Muslim Obsession – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kembali meminta masyarakat untuk memakai masker di luar ruangan. Ia juga mengingatkan pandemi COVID-19 belum berakhir.

“Saya juga ingin mengingatkan kepada kita semuanya bahwa COVID-19 masih ada. Oleh sebab itu, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan, memakai masker adalah masih sebuah keharusan,” beber Jokowi dalam keterangannya, Ahad (10/7/2022).

Jokowi sebelumnya mengumumkan kebijakan pelonggaran masker pada Mei 2022 lalu. Keputusan tersebut diambil sejalan dengan penanganan pandemi COVID-19 yang disebut terkendali.

Jokowi juga meminta vaksinasi booster terus ditingkatkan. Perintah ini disampaikan kepada seluruh pemerintah daerah hingga TNI-Polri.

Saat ini pemerintah kembali memperketat aturan perjalanan dengan mensyaratkan vaksinasi booster. Warga yang belum vaksinasi dosis ketiga wajib melakukan tes antigen atau PCR sebelum bepergian.

Aturan ini berlaku bagi masyarakat yang melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi atau umum, transportasi udara, darat, laut, hingga kereta api antarkota di seluruh Indonesia.

Bagi yang baru vaksin dosis pertama, wajib tes PCR sebagai syarat naik pesawat. Sementara penerima dosis kedua wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here