Jawab Kebutuhan Travel dan Wisata Halal, HIPMUH Gelar Isra Festival 2022

49

Jakarta, Muslim Obsession – Dikenal sebagai negara dengan populasi umat Islam terbesar di dunia, tak heran jika Indonesia menjadi pasar yang potensial untuk industri travel halal dan religi.

Menjawab kebutuhkan masyarakat Indonesia, terutama yang ingin beribadah Umrah, Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (HIMPUH) menyelenggarakan ajang Indonesia Destinasi & Travel Halal “Isra Festival” yang berlangsung pada 23-25 Desember 2022 di Jakarta Convention Center (JCC).

Isra Festival digelar sering dengan implementasi kebijakan pemerintah Arab Saudi menuju Visi Saudi 2030. Selain tu, Kementrian Haji dan Umrah Arab Saudi juga tengah membuka seluas-luasnya kuota jamaah umrah tahun 1444 H, hususnya dari Indonesia.

Hal ini menjadi alasan dibutuhkannya upaya kreatif dan solutif dari Penyelenggara Ibadah Umrah (PPIU) dan Penyelenggara Haji Khusus (PIHK) yang diberikan kewenangan khusus sesuai dengan UU Nomor 8 Tahun 2019 untuk melayani kebutuhkan pasar yang makin beragam.

Menurut catatan Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH), Indonesia sendiri menempati urutan kedua di bawah Pakistan dengan jumlah jamaah umrah terbanyak pada 1440 H atau 2018-2019. Yakni sebanyak 946.962 jamaah.

Menyadari besarnya pasar yang ada di Indonesia, Ketua Umum HIPMUH, Budi Darmawan menyadari potensi ini dan menyebut bahwa ini menjadi perhatian yang serius. Tidak hanya untuk menangkap peluang, tetapi juga pengelolaannya yang harus profesional.

“Besarnya pasar umrah Indonesia harus mendapatkan perhatian serius. Konsumen yang notabene tamu Allah harus dilayani dengan terpuji. Isra Festival hadir untuk menjadi bagian dari solusi konsumen dalam memilih travel yang amanah dan profesional,” ungkap Budi Darmawan, Ketua Umum HIPMUH saat membuka acara di Jakarta Convention Center, Jumat (23/12/2022).

Dengan adanya Isra Festival, pengunjung diharapkan dengan mudah dan tak khawatir dalam memilih agen perjalanan wisata halal dan religi. Lantaran agen travel yang dihadirkan dalam Isra Festival dijamin legalitas dan profesional dalam melayani jamaah umrah.

Isra Festival menghadirkan 109 stand yang terdiri dari perusahaan travel haji dan umrah atau akomodasi halal, wisata muslim, transportasi, halal food, aksesoris travel, aplikasi travel halal, produk keuangan syariah, industri pendukung (FMCG, Kuliner Herbal/obat-obatan, kosmetik, fashion dan sebagainya), komunitas, pemerintah daerah/kota hingga kedutaan negara sekitar tujuan negara muslim.

Menjadi daya tarik yang akan diburu oleh pengunjung, Isra Festival menawarkan berbagai macam promo dan diskon.

Bahkan ada crazy sale dari agen travel perjalanan umroh. Seperti, Samsata Umrah & Hajj memberikan diskon sampai Rp 1 juta untuk pendaftaran umroh regular dan umroh plus, sedangkan untuk haji khusus dan haji furoda, mendapatkan voucher travel sampai Rp 3 juta.

Potongan harga menarik untuk haji furoda, juga bisa diperoleh di stand Wafdullah Travel yang memberikan diskon sebesar $ 3.000, dari $25.000 menjadi $ 22.000, dengan bonus kereta cepat.

Bisa menjadi ajang edukasi untuk pengunjung, Isra Festival juga mengadakan talkshow seputar bisnis umroh, tips memilih travel wisata halal, halal awareness ketika berpergian ke luar negri hingga cara mengelola keuangan bagi milenial yang ingin berlibur.

Banyak acara menarik dan promo yang ditawarkan, untuk tiket pengunjung sendiri, dikenakan sebesar Rp 20.00 yang bisa dipesan secara online melalui aplikasi muslim lifeshop atau mengakses website israfestival.com.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here