Jadi Calon Tunggal Panglima TNI, Ini Harta Kekayaan Jenderal Andika Perkasa

233

Jakarta, Muslim Obsession – DPR telah menerima Surat Presiden (Surpres) mengenai pencalonan KSAD Jenderal Andika Perkasa sebagai calon tunggal Panglima TNI. Surpres dari Jokowi itu sendiri diserahkan ke DPR oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

“Presiden usulkan satu nama untuk mendapat persetujuan. Karena itu Pak Mensesneg, Presiden menyampaikan Surpres mengenai usulan calon Panglima atas nama Jenderal Andika Perkasa,” ujar Ketua DPR Puan Maharani, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (3/11).

Setelah mendapat usulan nama itu, pihaknya akan memproses lewat uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test di Komisi I DPR.

“Komisi I akan melakukan fit and proper test terhadap calon,” lanjutnya.

Berdasarkan UU TNI, pencalonan Panglima TNI dimulai dari pengajuan nama dari Presiden ke DPR. Parlemen kemudian akan memprosesnya melalui uji kepatutan dan kelayakan, yang sejauh ini belum riwayat penolakan.

DPR kemudian akan mengesahkannya di rapat paripurna, untuk kemudian dilantik oleh Presiden.

Jika disetujui sebagai calon Panglima TNI, Andika akan menggantikan Hadi Tjahjanto yang bakal menginjak usai pensiun, yakni 58 tahun, pada 8 November 2021.

Harta Kekayaan Jenderal Andika

Berdasarkan hasil Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada 20 Juni 2021 Jenderal TNI Andika Perkasa memiliki harta kekayaan mencapai Rp179.996.172.019.

Andika memiliki harta bergerak dan tidak bergerak. Untuk Harta tak bergerak, senilai Rp38.164.250.000 berupa tanah dan bangunan yang tersebar di berbagai daerah seperti Jakarta, Cianjur, Bogor, Surabaya, Bantul, Lampung, Sleman dan beberapa daerah lainnya.

Selain itu, Andika juga tercatat memiliki tanah dari hibah di luar negeri yaitu di Australia dan Amerika Serikat. Untuk harta bergerak berupa, tranportasi senilai Rp2,6 miliar. Harta bergerak lainnya Andika memiliki total Rp10,1 miliar.

Kemudian, surat berharga sejumlah Rp2,146 miliar. Kas dan setara kas yang Andika miliki nilainya mencapai Rp126.985.922.019. Andika tercatat tak memiliki utang. Dengan demikian, total harta kekayaan Andika sebesar Rp179.996.172.019. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here