Israel Relokasi Kedutaan di Ukraina di Tengah Kekhawatiran Invasi Rusia

359

Muslim Obsession – Israel pada Senin (21/2/2022) memutuskan untuk memindahkan kedutaan besarnya di Ukraina dari ibukota Kyiv ke kota barat Lviv, di tengah kekhawatiran kemungkinan invasi Rusia.

“Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid memerintahkan evakuasi staf kedutaan ke kantor konsuler Tel Aviv yang dibuka di Lviv,” kata Kementerian Luar Negeri dalam sebuah pernyataan, dilansir Daily Sabah.

“Langkah itu dilakukan setelah pertemuan Lapid dengan aktor internasional dan penilaian situasi yang dia lakukan di kementerian,” kata pernyataan itu.

Kementerian mengatakan saat ini sedang mengkaji semua kemungkinan untuk mengevakuasi warga Israel dari Ukraina.

Israel yang memiliki sekitar 15.000 warga di Ukraina, sedang mempersiapkan rencana aksi untuk memberikan dukungan segera kepada lebih dari 100.000 orang Yahudi di negara itu dan untuk meningkatkan imigrasi definitif ke Israel jika terjadi perang.

Ketegangan meningkat secara dramatis di Ukraina timur pekan lalu, dengan laporan meningkatnya jumlah pelanggaran gencatan senjata, beberapa insiden penembakan, dan evakuasi warga sipil dari wilayah separatis pro-Rusia di Donetsk dan Luhansk.

AS menuduh Rusia mengumpulkan hampir 150.000 tentara di sepanjang perbatasan Ukraina dalam persiapan untuk invasi yang akan segera terjadi.

Moskow telah berulang kali membantah rencana untuk menyerang Ukraina dan sebaliknya menuduh negara-negara Barat merusak keamanan Rusia melalui ekspansi NATO ke perbatasannya.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here