Islamofobia di Kanada Meningkat 71 Persen

168
Bendera Kanada

Muslim Obsession – Sebuah laporan baru-baru ini yang dirilis oleh Statistics Canada mengatakan bahwa kejahatan rasial yang menargetkan komunitas Muslim di seluruh Kanada mengalami peningkatan 71 persen yang signifikan pada tahun 2021.

Laporan yang dikutip Senin (8/8/2022) mencatat ada 144 serangan terhadap umat Islam pada tahun 2021, meningkat dari 84 insiden yang tercatat pada tahun 2020.

Namun, lonjakan serangan tersebut menurun dibandingkan tahun 2019, ketika ada 182 kasus yang menargetkan komunitas Muslim Kanada.

Dalam sebuah Tweet, Dewan Nasional Muslim Kanada (NCCM) mengatakan Angka Statistik Kanada menunjukkan lonjakan dramatis dalam kebencian anti-Muslim pada tahun 2021.

Namun dia mengatakan jumlah kejahatan rasial jauh melebihi apa yang muncul dalam statistik kejahatan rasial.

Peningkatan serangan karena Islamofobia selama setahun terakhir bertepatan dengan pembunuhan empat anggota keluarga Afzaal di London, Ontario, oleh Nathaniel Veltman.

Dia sengaja menabrakkan truk pick-upnya ke keluarga Afzaal saat mereka menyeberang jalan.

Menurut penyelidikan polisi, serangan itu direncanakan dan dimotivasi oleh kebencian, sementara Perdana Menteri Justin Trudeau menyebutnya sebagai serangan teroris.

Laporan statistik Kanada menjelaskan bahwa meskipun sulit untuk menghubungkan insiden kejahatan rasial yang dilaporkan ke polisi dengan peristiwa tertentu, liputan media dan wacana publik tidak diragukan lagi dapat meningkatkan kesadaran dan reaksi negatif dari orang-orang yang memiliki sifat kebencian.

Menurut badan tersebut, jumlah kejahatan rasial yang dicatat oleh polisi telah meningkat 71 persen sejak 2019.

Tahun pertama pandemi melihat jumlah kejahatan rasial tertinggi yang dilaporkan oleh polisi sejak Statistik Kanada mulai melacak data pada 2009.

Meskipun Kanada dilihat oleh dunia luar sebagai surga bagi multikulturalisme, para ahli mengatakan negara itu telah menghadapi peningkatan kejahatan kebencian terhadap Muslim selama beberapa dekade terakhir yang disebabkan oleh retorika anti-Muslim dari politisi dan media.

Tahun lalu, NCCM merilis seperangkat 61 rekomendasi kebijakan untuk semua tingkat pemerintahan untuk mengambil tindakan terhadap Islamofobia setelah mengadakan sesi konsultasi dengan masjid dan kelompok masyarakat sipil yang mewakili Muslim di seluruh Kanada.

Pemerintah Kanada kemudian membuka aplikasi berharga untuk memerangi Islamofobia sebagai tanggapan atas seruan kelompok advokasi nirlaba.

Peran aplikasi adalah untuk menjangkau publik dan memberi saran kepada perdana menteri dan pemerintah tentang cara terbaik untuk memerangi Islamofobia di negara tersebut.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here