Insinyur Muslimah Ini Dianugerahi Penghargaan karena Ciptakan Chip Pendeteksi Kanker

145

Muslim Obsession – Atas kemampuannya menciptakan chip yang mampu mendeteksi berbagai jenis kanker di dalam tubuh pasien, insinyur Saudi Dana Al-Sulaiman dianugerahi penghargaan “Inovator Di Bawah 35”.

Dalam sebuah wawancara dengan saluran Alekhbariya, Eng. Dana menjelaskan, chip yang terbuat dari jarum mikro yang dilapisi zat kemudian ditempelkan di kulit ini memiliki kemampuan menyerap cairan, dan mendeteksi biomarker kanker dengan cara yang mudah dan non-invasif.

Penemu Saudi, yang bekerja sebagai asisten profesor Ilmu Material dan Bioteknologi di KAUST itu menambahkan bahwa alasan yang mendorongnya untuk membuat terobosan kreatif ini adalah proses yang menyakitkan dari cara tradisional mengambil sampel pasien.

Al-Sulaiman menegaskan bahwa chip yang ia buat mampu mengungkap berbagai jenis kanker, dan juga menghemat banyak tenaga, uang, dan waktu.

Selain itu, ia menjelaskan bahwa inovasi tersebut mendapatkan hak paten Amerika dan saat ini sedang dikembangkan dan diproduksi dari bahan berkelanjutan di King Abdullah University. Teknologi ini diharapkan dapat segera diberikan kepada dokter di semua rumah sakit.

Dilansir The Islamic Information, Rabu (19/1/2022) penghargaan Inovator Di Bawah 35” adalah penghargaan yang diberikan untuk menghormati pakar teknis, peneliti pria dan wanita, serta ilmuwan pria dan wanita, yang berusia tidak lebih dari 35 tahun, yang memiliki inovasi dan penelitian yang membuat lompatan kualitatif di dunia kontemporer.

Diketahui bahwa nominasi penghargaan mencakup berbagai macam, mulai dari biomedis, komputasi dan komunikasi, energi, ilmu material, perangkat lunak hingga transportasi, internet, dan banyak lagi.

Masing-masing inovator terpilih ini akan diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil karyanya secara singkat dengan batas waktu 3 menit.

Persyaratan lain yang harus dipenuhi untuk meraih penghargaan tersebut adalah calon harus warga negara atau penduduk negara yang terletak di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara, atau asal Arab. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here