Indonesia Giving Fest – Zakat Expo 2022 Resmi Dibuka

59

Jakarta, Muslim Obsession — Hari pertama pagelaran Indonesia Giving Fest – Zakat Expo 2022 pada Jumat (23/12/2022) berlangsung dengan meriah dan penuh keseruan di Tennis Indoor Senayan.

Sebanyak 199 Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) Anggota Forum Zakat (FOZ) dari seluruh Indonesia hadir untuk menunjukan dampak positif dari Gerakan Zakat melalui program-program yang inovatif.

Bambang Suherman selaku Ketua Umum FOZ menjelaskan tujuan utama dari diselenggarakannya festival kebaikan pertama dan terbesar di Indonesia ini. Indonesia Giving Fest – Zakat Expo 2022 sendiri ditujukan untuk meningkatkan eksposur bagi para Gerakan Zakat yang dilakukan oleh seluruh OPZ Anggota FOZ.

“Ada tujuan besar dari hadirnya eksibisi ini, pertama tentu saja untuk mengangkat eksposur berbagai produk lembaga zakat dan para amil terbaiknya melalui berbagai program unggulan. Indonesia Giving Fest – Zakat Expo 2022 ini juga ingin mengajak masyarakat untuk lebih dalam lagi mengenal lembaga zakat dan dampak yang telah dilakukan,” jelas Bambang.

Selanjutnya, Indonesia Giving Fest – Zakat Expo 2022 diharapkan mampu menjadi wadah interaksi bagi masyarkaat dan OPZ selaku pengelola zakat secara langsung.

“Selama ini sesama lembaga zakat hanya bertemu dari forum dan semacamnya, akan tetapi melalui kegiatan ini semuanya bisa saling melihat dan saling mengukur produk yang telah dihasilkan. Tentunya ini bisa meningkatkan kualitas dari produk-produk lembaga zakat satu sama lain. Kita semua berharp kegiatan ini menjadi pijakan yang baik untuk menguatkan Gerakan Zakat ke depan,” pungkas Bambang.

Mengusung tema The Superb Beginning of Zakat Expo 2022 di hari pertama, Indonesia Giving Fest – Zakat Expo 2022 diresmikan langsung oleh Drs. H. Tarmizi Tohor, MA selaku Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Bimas Islam Kemenag RI.

“Kami menyambut baik kehadiran LAZ (Lembaga Amil Zakat) dan keikut sertaannya dalam membangun Gerakan Zakat di Indonesia. Indonesia Giving Fest – Zakat Expo 2022 yang diadakan oleh FOZ merupakan langkah yang tepat untuk memberikan edukasi generasi muda dalam tata kelola zakat dan kontribusinya dalam pengentasan kemiskinan di Indonesia,” tutur Tarmizi.

Senada dengan hal tersebut, Dr. Taufik Hidayat, M.Ec. selaku Direktur Eksekutif Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) memberikan apresiasi digelarnya acara ini.

“Kami mengucapkan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Forum Zakat atas inisiatifnya dalam menggelar Indonesia Giving Fest – Zakat Expo 2022 dengan meningkatkan ekspos dan gotong royong. Kegiatan ini kami harapkan dapat berdampak bagi Gerakan Zakat Indonesia untuk kepentingan para mustahik. Ini adalah repesentatif Indonesia benar-benar layak dianugerahkan negara paling dermawan di Dunia,” ucapnya.

Acara ini masih akan berlanjut pada Sabtu (24/12/2022) dengan berbagai agenda menarik di dalamnya. Salah satu agenda yang akan menjadi bentuk kolaborasi dari berbagai OPZ adalah Charity Concert yang akan dimeriahkan oleh berbagai talenta berbakat di dalamnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here