IMF: Lebih dari 141 Juta Orang Alami Rawan Pangan

96
Krisis Yaman

Muslim Obsession – Lebih dari 141 juta orang di dunia Arab terkena kerawanan pangan, demikian Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva memperingatkan.

Georgieva, berbicara pada sebuah konferensi di Riyadh, mengatakan bahwa IMF akan menambahkan suaranya untuk memerangi pembatasan perdagangan makanan untuk meredakan situasi.

Negara-negara di kawasan Timur Tengah dan sekitarnya telah melangkah untuk mendukung negara-negara yang memerangi inflasi pangan yang tinggi dan kekurangan yang diperparah oleh perkembangan geopolitik global dan meningkatnya risiko resesi global.

Georgieva mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa negara-negara Teluk Arab “berencana untuk membuat janji lebih lanjut segera” menyusul pengumuman Kelompok Koordinasi Arab baru-baru ini tentang dana awal $10 miliar untuk meringankan krisis pasokan pangan global.

IMF dan Arab Saudi menandatangani perjanjian pada hari Senin untuk mendirikan kantor perwakilan regional IMF di Riyadh.

Memastikan stabilitas sosial melalui penyediaan bahan makanan dasar yang memadai merupakan prioritas di luar perbatasan mereka yang terkena dampak langsung, kata Alice Gower, direktur geopolitik dan keamanan di Azure Strategy yang berbasis di London.

“Bahan pokok seperti gandum, beras, dan lentil berisiko tidak dapat diakses oleh masyarakat miskin pangan di seluruh wilayah,” katanya kepada Reuters.

“Keinginan untuk stabilitas regional – dan karena itu keamanan – telah melihat peningkatan investasi dari negara-negara seperti Arab Saudi dan UEA di negara-negara di bawah tekanan keuangan.”

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here