Ilmuwan Ciptakan Ikan Robot untuk Bersihkan Sampah Mikroplastik di Laut

94

Muslim Obsession – Tim ilmuwan Cina dari Universitas Sichuan di Cina barat daya sedang mengembangkan ikan robot yang “memakan” mikroplastik yang suatu hari nanti dapat membantu membersihkan lautan tercemar di dunia.

Lembut untuk disentuh dan hanya berukuran 1,3 sentimeter (0,5 inci), robot ini sudah mampu menyedot mikroplastik di air dangkal.

“Tim ini bertujuan untuk memungkinkan mereka mengumpulkan mikroplastik di perairan yang lebih dalam dan memberikan informasi untuk menganalisis polusi laut secara real time,” kata Wang Yuyan, salah satu peneliti yang mengembangkan robot tersebut.

“Kami mengembangkan robot mini yang begitu ringan. Ini dapat digunakan dalam banyak cara, misalnya dalam operasi biomedis atau berbahaya, seperti robot kecil yang dapat dilokalisasi ke bagian tubuh Anda untuk membantu Anda menghilangkan beberapa penyakit.”

Ikan robot hitam disinari cahaya, membantunya mengepakkan sirip dan menggoyangkan tubuhnya. Ilmuwan dapat mengendalikan ikan menggunakan cahaya untuk menghindarinya menabrak ikan atau kapal lain.

“Jika tidak sengaja dimakan oleh ikan lain, dapat dicerna tanpa membahayakan karena terbuat dari poliuretan, yang juga biokompatibel,” kata Wang.

Ikan mampu menyerap polutan dan memulihkan dirinya sendiri meskipun rusak. Ia bisa berenang hingga 2,76 panjang tubuh per detik, lebih cepat dari kebanyakan robot lunak buatan.

“Kami kebanyakan mengerjakan pengumpulan (mikroplastik). Ini seperti robot sampling dan bisa digunakan berulang kali,” jelasnya.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here