Beranda TARBIYAH Ustadzuna

Ijazah Gus Baha, Amalkan Surat Al Fatihah 313 Kali, Ini Keutamaannya

627
Gus Baha. (Foto: Ponpes Almunawwir)

Jakarta, Muslim Obsession – Ulama tersohor Gus Baha menyatakan, mengamalkan surat Al-Fatihah sebanyak 313 kali sebagai dzikir rutin atau dzikir dalam momen tertentu sangat baik untuk ditekuni.

Bilangan 313 ini, dijelaskan oleh Gus Baha di beberapa kanal YouTube, adalah mengacu pada jumlah Ahlu Badar, yakni kaum muslimin yang berperang melawan kafir Quraisy dalam perang badar yang berjumlah 313 orang.

Jumlah yang 313 orang umat Islam itu berhasil meraih kemenangan melawan sekitar seribuan pasukan kafir Quraisy dalam perang badar tersebut.

Gus Baha memberi ijazah umum kepada para jamaah yang hadir dalam pengajiannya, untuk membaca atau mewiridkan (memikirkan) Surat Al Fatihah 313 kali. Membava Al Fatihah 313 kali, adalah seperti yang dilakukan Gus Baha ketika hadir dalam acara tasyakuran haji atau dalam khataman Qur’an.

Fadhilah atau keberkahan membacanya sangat banyak, di antaranya yang masyhur (terkenal) adalah menjadi wasilah untuk memperoleh rezeki yang berlimpah.

Sebagian ulama ahli hikmah menjelaskan bahwasanya mengamalkan sinergi Surah Al Fatihah sejumlah bilangan para ahli badar atau sebanyak jumlah para rasul yaitu sebanyak 313 kali dan shalawat nabi 100 kali dapat menjadi wasilah dahsyat, yakni bertambahnya rezeki dengan izin Allah Ta’ala.

Gus Baha sendiri mengaku kerap mendapatkan ijazah dari para kiai dan ulama yakni ijazah membaca wirid surat Al-Fatihah, hal ini merupakan sebagai bentuk rutinitas. Akan tetapi jika dilakukan lebih dari 100 kali akan lebih baik.

Selain dijadikan wirid, umat Islam juga perlu mengetahui kenapa Surat al-Fatihah dijadikan surat umul kitab, dan diulang-ulang dalam bacaan shalat. Dari Abu Hurairah, dari Nabishallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda :

“Barangsiapa yang shalat lalu tidak membaca Ummul Qur’an (yaitu Al Fatihah), maka shalatnya kurang (tidak sah) -beliau mengulanginya tiga kali-, maksudnya tidak sempurna.” (Al)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here