IDI Tak Yakin Vaksin Bisa Tangkal Varian Omicron

280
Sebanyak 124 Tenaga Kesehatan (Nakes) PMI melakukan vaksinasi dosis 3 di Gedung Laboratorium PMI, Kecamatan Batu Ceper, Tangerang, Banten, Kamis (26/8/2021). (Foto: Edwin B/Muslim Obsession)

Jakarta, Muslim Obsession – Ketua Satgas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban menyatakan dirimya tak yakin vaksin bisa menangkal varian baru virus corona B.1.1.529 atau Omicron.

Menurutnya, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan vaksin mampu menangkal penularan maupun gejala dari varian Omicron. Terlebih virus ini dianggap lebih ganas dari sebelumnya.

“Belum cukup bukti ya (efektivitas) vaksin Covid-19 terhadap varian Omicron ini,” kata Zubairi, Selasa (30/11).

Zubairi menilai protokol kesehatan tetap perlu dipatuhi guna mencegah penularan varian omicron. Terlebih, efektivitas vaksin terhadap varian tersebut masih belum teruji.

“Belajar pengalaman lalu, melihat data kasus Covid-19 yang meninggal, kosongnya rumah sakit. Saya optimis bahwa kita bisa menangkal varian ini selama kita patuh pada prokes,” kata Zubairi.

Zubairi menjelaskan bahwa varian Omicron terbukti memiliki kecepatan penularan yang tinggi. Sudah terjadi di banyak negara, mulai dari Eropa hingga Asia.

“Virus ini lebih cepat menular, 5 kali lebih mampu kecepatan penularannya. Terbukti dari kenaikan jumlah kasus di Afrika Selatan yang tanggal 23 November belum ada 1.000 kasus, terus naik jadi 2.000. ribu lebih dan hari ini 3.200-an,” kata dia.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan sejauh ini telah ada 128 kasus corona varian Omicron di sembilan negara kecuali Indonesia.

Ada 4 negara lain yang kemungkinan sudah menjadi tempat penularan varian omicron.

Budi mengklaim sejauh ini varian tersebut belum terdeteksi di Indonesia. Pemerintah lalu memperketat pengawasan seluruh pintu masuk Indonesia untuk mencegah penyebaran varian ini. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here