Hukumannya Mulai di Dunia

259

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, dan Ummul Qura University)

Semua hukuman akibat dosa-dosa yang kita perbuat ditunda, dan baru akan dieksekusi kelak di Akhirat, TERKECUALI hukuman dosa pada kedua orangtua.

Rasulullah SAW mengingatkan:

كُلُّ الذُّنُوبِ يُؤَخِّرُ اللهُ مِنْهَا ما شاء الي يوم القيامة اِلَّا عُقُوْقُ الْوَالِدَيْنِ لِيَجْعَلَ له العذابُ واِنَّ اللهَ لَيَزِيْدُ في عُمْرِ الْعَبْدِ اِذَا كان بَارًّا لِوَالِدَيْهِ لِيَزِيْدَهُ بِرًّا وَخيرًا وَمِنْ بِرِّهِما أن يُنْفِقَ عليهِما اِذا احْتَاجَا
(رواه ابن ماجه)

“Semua dosa, adzabnya ditunda oleh Allah SWT sesuai apa yang dikehendaki-Nya sampai hari Kiamat, kecuali adzab orang yang durhaka pada kedua orangtuanya. Sungguh, Allah akan mempercepat adzab untuknya; dan Allah akan menambah umur panjang orang-orang yang berbuat baik pada ibu bapaknya. Dan Allah akan menambah kebaikan dan kebahagiaan kepada siapa yang tekun berbuat baik kepada keduanya, dan menafkahi Ibu Bapaknya saat keduanya membutuhkan,” (Hadits Sahih Riwayat Al Imam Ibnu Majah).

BACA JUGA: Dibersihkan Selagi di Dunia

Kesuksesan dan kebahagiaan hidup sangat tergantung pada ketaatan anak pada kedua orangtuanya, terutama di saat orangtua sudah berusia lanjut.

Demikian ditegaskan Allah SWT dalam Al-Quran.

Bahkan jangan sekali-kali pernah berkata kasar pada ibu-bapak.

Kalimat “Ahh!” saja sudah dosa BESAR, apalagi sikap dan perilaku yang menyakitkan hati ayah dan ibu adalah kemungkaran yang hukumannya segera ditimpakan oleh Allah berupa kesulitan demi kesulitan, masalah silih berganti.

BACA JUGA: Allah Ta’ala Memberi Lebih kepada Perempuan

Kalaupun pada awalnya ada kesuksesan, namun ujung-ujungnya adalah KEBANGKRUTAN atau rumah tangga yang hancur.

PONTERS:
1. Beruntunglah mereka yang masih punya orangtua.

2. Sayangilah keduanya, berbakti dan muliakan mereka. Urus mereka dan temani mereka. UTAMAKAN mereka, jangan sisa-sisa waktumu yang engkau berikan kepada keduanya, tapi DAHULUKAN mereka.

Yaa Allah, sayangi dan manjakan kedua ibu-bapak kami, sebagaimana orangtua memanjakan anak-anak kecilnya. Ampuni dosa-dosa mereka dan dosa-dosa kami, rahmati dan berkati hidup mati kami yaa Allah. Amin amin yaa Rabbal ‘Aalamiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here