Hari Ini BPJPH Buka Pendaftaran Sertifikasi Halal di 1.000 Lokasi

206

Jakarta, Muslim Obsession – Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) membuka layanan pendaftaran sertifikasi halal di seribu titik se-Indonesia secara serentak pada Sabtu, 18 Maret 2023.

Kepala BPJPH Aqil Irham mengatakan, layanan pendaftaran on the spot ini menjadi bagian Kampanye Wajib Sertifikasi Halal 2024.

“Silakan bagi pelaku usaha yang ingin melakukan pendaftaran sertifikasi halal atau pun sekadar berkonsultasi, bisa hadir dalam momen ini,” ujar Aqil di Jakarta, Jumat (17/3/2023).

Aqil menjelaskan, Kampanye Wajib Sertifikasi Halal 2024 ini bertujuan menyosialisasikan kewajiban sertifikasi halal sebagaimana amanat Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal akan dimulai 17 Oktober 2024.

“Target kampanyenya adalah para pelaku usaha dan masyarakat luas,” imbuh Aqil.

Aqil Irham mengatakan, Kampanye Wajib Sertifikasi Halal 2024 akan dilaksanakan dengan melibatkan Satuan Tugas (Satgas) Layanan Halal Provinsi yang ada pada setiap Kantor Wilayah Kemenag di seluruh Indonesia, Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H), Kanwil Kemenag dan Kankemenag Kabupaten/Kota, dan Pemda/Pemkot, hingga pengelola mall atau pusat-pusat perbelanjaan, asosiasi, pelaku usaha, media, dan lain sebagainya.

Adapun lokasi titik kampanye merupakan pusat-pusat perbelanjaan, mall, pasar, tempat umum yang menjadi konsentrasi pelaku usaha dan masyarakat umum, dan sebagainya. Tujuannya, agar pesan kampanye dapat tersosialisasikan secara masif kepada masyarakat.

“Bahkan BPJPH juga akan langsung memproses permohonan sertifikasi halal bagi pelaku usaha yang mengajukan sertifikasi halal di lokasi,” ujar Aqil.

Aqil berharap, dengan kegiatan sosialisasi yang masif melalui kampanye ini para pelaku usaha produk makanan, minuman, jasa penyembelihan dan hasil sembelihan, segera mengurus sertifikat halalnya ke BPJPH.

“Kalau belum siap, harus segera disiapkan, mumpung masih ada waktu hingga Oktober 2024 nanti,” tandasnya. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here