Hari Antikorupsi Sedunia, Ini Negara yang Disebut Paling Korup

134

Jakarta, Muslim Obsession – Tepat pada 9 Desember selalu diperingati hari antikorupsi sedunia. Peringatan ini sebagai bentuk refleksi untuk mengingatkan publik tentang bahaya laten korupsi.

Dalam hari antikorupsi ini, Somalia disebut sebagai negara paling korup sedunia. Negara ini menduduki peringkat 179 dari 180 negara terkait Indeks Persepsi Korupsi.

Menurut laporan Transparency, skor indeks korupsi Somalia hanya berada di angka 22 dari 100. Korupsi yang menjalar di Somalia terjadi di berbagai institusi negara. Mulai dari pengadilan hingga pengadaan publik.

Menurut laporan Ganintegrity, sistem pengadilan paling berpotensi korupsi saat menangani urusan bisnis. Lembaga ini tunduk pada intervensi politik dan mengalami korupsi tinggi sehingga membuat pengadilan tak efektif.

Pengadilan Sipil di Somalia tak berfungsi dalam praktiknya; kombinasi antara tradisi dan adat, hukum syariat dan hukum formal.

Lembaga lain yang memiliki tingkat risiko tinggi korupsi yakni kepolisian. Korupsi marak terjadi di kalangan aparat.

Masyarakat Somalia paling terdampak imbas korupsi, tindakan yang terus berulang dalam semua aspek.

Aturan hukum yang buruk dan ketidakhadiran institusi meminta pertanggungjawaban mereka yang berkuasa, membuat korupsi meningkat di Somalia.

Menurut laporan lembaga non pemerintah, Marqaati, secara keseluruhan presentase kasus suap di Somalia 14 persen. Di beberapa distrik di Mogadishu, kasus suap mencapai sekitar 50 persen.

Kasus suap paling tinggi terjadi di kalangan pasukan keamanan pemerintah federal, pasukan keamanan regional, dan kelompok militer Al-Shabab. (Albar)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here