Hafal 30 Juz Al-Quran, Santri Alumni TMI Al-Amien Prenduan Diterima Tamtama TNI

77
Arfin Arfa, santri alumni Tarbiyatul Mu’allimien al-Islamiyah (TMI) Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep berhasil diterima sebagai prajurit karir TNI lewat jalur santri. (Foto: TMI Al-Amien)

Muslim Obsession – Seorang santri alumni Tarbiyatul Mu’allimien al-Islamiyah (TMI) Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep berhasil diterima sebagai prajurit karir TNI lewat jalur santri.

Adalah Arfin Arfa, alumni TMI tahun 2020 dari Sukabumi yang langsung menginformasikan kabar bahagia itu melalui chat WhatsApp pribadi ke pihak almamaternya.

Mengutip website TMI Al-Amien, Rabu (15/6/2022), Arfin yang merupakan seorang hafizh 30 juz itu mengaku senang bisa lolos seleksi TNI. Rasa senangnya cukup beralasan, mengingat dari 10 alumni TMI yang mendaftar, hanya dialah yang lolos.

“Mereka yang dari Al-Amien gugur ustadz, kecuali saya. Alhamdulillah, semua berkat doa dari para Kiai dan barokah Al-Quran tentunya. Terima kasih tak terhingga,” ungkapnya.

Ketika ditanya mengapa masuk Tamtama, pria asal Sukabumi itu mengaku bahwa faktor usia yang tidak memungkinkannya untuk mendaftar jalur Bintara atau Taruna. “Tamtama ustadz, karena usia saya sudah tidak masuk untuk daftar Bintara dan Taruna,” jelasnya.

Ketika mengikuti seleksi masuk TNI melalui jalur santri hingga diterima sebagai prajurit, lelaki berdarah Sunda itu mengatakan bahwa ia tidak mengeluarkan uang sepeser pun.

Untuk itu, dia merasa bersyukur, mengingat bahwa dia memang ingin meringankan beban ekonomi ibunya yang kini bekerja di Jakarta. Alasan ini pula yang membuatnya tidak terlebih dahulu berkuliah.

Arfin sendiri masuk lembaga TMI Al-Amien Prenduan tahun 2016 dan tamat tahun 2022. Selama nyantri di TMI dia aktif menghafal Al-Quran bersama para santri lainnya di kelompok Jam’iyyatul Qurro’ wa al-Huffadz (JQH).

Setelah tamat, dia mengikuti program takhassus Al-Quran untuk menuntaskan hafalan Quran.

Kelompok JQH adalah program unggulan lembaga TMI Al-Amien Prenduan yang diperuntukkan bagi santri/wati yang memiliki minat tinggi untuk menghafal Al-Quran, dan dalam waktu yang bersamaan tetap aktif mengikuti kegiatan pendidikan dan pengajar di lembaga TMI Al-Amien Prenduan. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here