Gus Baha: Puasa Ramadhan Bisa Bikin Kita Kuat

81
Gus Baha. (Foto: Ponpes Almunawwir)

Jakarta, Muslim Obsession – KH Ahmad Bahauddin Nursalim, atau yang akrab disapa Gus Baha membeberkan keutamaan seorang muslim saat melaksanakan ibadah puasa Ramadhan, salah satunya bisa membuat seseorang menjadi lebih kuat. Mengapa demikian?

Gus Baha yang dikenal sebagai Pengasuh Pondok Pesantren Al-Quran Rembang Jawa Tengah dalam sebuah kajiannya pernah menceritakan bahwa berpuasa ramadhan itu bisa bikin kuat.

Menurut Gus Baha, secara nalar manusia orang yang tidak puasa lebih kuat daripada yang berpuasa, karena asupan makanan dan minuman. Tetapi menurut Gus Baha, kenyataan orang yang puasa ramadhan justru sebaliknya.

Dikutip dari kanal youtube Ngaji Kyai, Gus Baha yang merupakan ahli tafsir Al Qur’an itu menceritakan pengalaman rohaninya. Menurut Gus Baha, puasa ramadhan itu bisa membuat seseorang menjadi lebih kuat.

Gus Baha, menambahkan seseorang yang puasa dan berbuka hanya dengan makan sebutir kurma dan segelas air saat puasa ramadhan bisa memiliki kekuatan, bahkan sama dengan orang yang makan dan minum atau tidak puasa.

“Di zaman Nabi, ketika terjadi perang di bulan puasa ramadhan, umat Islam tetap diwajibkan ikut meski dalam keadaan berpuasa. Tidak ada alasan, dan mereka semua punya kekuatan,” kata Gus Baha

Hakikat orang yang puasa ramadhan itu, jelas Gus Baha memang diberikan kekuatan lebih oleh Allah SWT. Sehingga Nabi Muhammad tetap memerintahkan sahabatnya untuk berjihad dalam perang, meski dalam keadaan puasa.

Itulah pengajian Gus Baha tentang keutamaan puasa Ramadhan, salah satunya bisa membuat muslim semakin kuat. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here