GP Ansor Siapkan Penginapan Gratis untuk Peserta Muktamar Muhammadiyah

88

Jakarta, Muslim Obsession – Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Surakarta H Arif Syarifuddin menyatakan, pihaknya siap untuk mendukung dan mensukseskan acara Muktamar Ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah 2022 pada 18-20 November 2022 mendatang.

Dukungan itu diwujudkan dengan menyediakan rumah penginapan gratis untuk ditempati para penggembira Muktamar Muhammadiyah. Penginapan itu adalah rumah milik organisasi.

Pemberian fasilitas penginapan gratis sebagai dukungan terhadap perhelatan Muktamar Muhammadiyah itu, menurut Arif, merupakan bentuk dari upaya menjaga persaudaraan sesama Muslim. Ia lantas menyebutkan tiga model persaudaraan yang dikenal di lingkungan Nahdlatul Ulama (NU).

“Kami, GP Ansor Surakarta mempunyai rumah yang bisa ditempati untuk para tamu muktamar. (Tujuannya) untuk menjalin ukhuwah Islamiyah (persaudaraan sesama Muslim), ukhuwah wathaniyah (persaudaraan kebangsaan), dan ukhuwah insaniyah (persaudaraan kemanusiaan),” ungkap Arif di laman Muhammadiyah, Selasa (15/11/2022).

Selain itu, Arif menegaskan, dukungan kepada Muktamar Muhammadiyah bertujuan untuk memperlihatkan bahwa warga Kota Solo mampu menjadi tuan rumah yang baik dan sukses.

Arif menyebutkan, rumah milik organisasi yang akan dijadikan sebagai penginapan gratis bagi para tamu Muktamar Muhammadiyah itu terletak di Kelurahan Joyotakan, Kecamatan Serengan, Surakarta. Lebih tepatnya, rumah itu berada di sebelah alun-alun selatan Kraton Solo dan berjarak 50 meter dari SMK Muhammadiyah 1 Surakarta.

Rumah itu memiliki luas 400 meter persegi, lengkap dengan enam kamar tidur, kamar mandi, tempat shalat, aula, dapur, dan tempat parkir.

“Untuk tempat tidur dapat menampung 30 hingga 40 orang. Ada 6 kamar dan jika duduk bisa menampung 50 hingga 60 orang,” katanya.

Sebagai informasi, perhelatan Muktamar Ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah 2022 akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo di Stadion Manahan Solo, pada Sabtu (19/11/2022). Sekitar 11-12 ribu penggembira dipersilakan masuk ke dalam stadion untuk menyaksikan prosesi pembukaan muktamar.

Untuk Muktamar Muhammadiyah, kegiatan persidangan akan dipusatkan di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), sedangkan untuk persidangan Aisyiyah digelar di Gelanggang Olahraga (GOR) UMS. (Al)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here