Fantastis! Satu Desa di Turki Berhenti Merokok

719

Jumlah Perokok di Dunia Muslim

Menurut Daily Sabah, diperkirakan ada 3,3 miliar perokok di seluruh dunia. Di mana setiap tahun hampir lima juta orang kehilangan nyawa karena penyakit yang berhubungan dengan merokok.

Seorang perokok berisiko tinggi terkena penyakit saluran pernapasan atas, faringitis kronis, laringitis, infeksi berulang, gangguan pita suara pada wanita, kanker tenggorokan, bronkitis rekuren, pneumonia, emfisema, paru-paru dan jenis kanker lainnya.

Perokok memiliki potensi 13 hingga 22 kali lebih menderita kanker paru-paru dibandingkan dengan non-perokok. Risiko mereka terkena kanker gingiva adalah 5 hingga 14 kali lebih tinggi. Sementara kanker lidah adalah 4 hingga 33 kali, dan kanker tenggorokan adalah 7 hingga 16 kali lebih tinggi.

Menurut sebuah artikel 2006 yang diterbitkan oleh British Medical Journal, tingkat merokok pada umumnya tinggi di negara-negara Muslim. Tingkat tercatat tertinggi di antara pria ditemukan di Yaman (77%) dan di Indonesia (69%).

Yaman juga memiliki prevalensi merokok tertinggi di antara wanita, di mana hampir sepertiga ditemukan merokok.

Studi ini melaporkan bahwa negara-negara Muslim lainnya dengan tingkat merokok yang tinggi adalah Tunisia (62% pria), Guinea (59% pria) dan Turki (51% pria). (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here