Faizal Assegaf Resmi Dilaporkan Polisi karena Diduga Hina Ketua PBNU

126

Jakarta, Muslim Obsession – Gerakan Pemuda (GP) Ansor DKI Jakarta resmi melaporkan Faizal Assegaf ke Polda Metro Jaya terkait kasus dugaan pencemaran nama baik, terhadap Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya.

Faizal dinilai telah menghina Gus Yahya di akun Twitternya. “Kami dari GP Ansor DKI Jakarta melaporkan akun Twitter yang bernama Faizal Assegaf yang dalam hal ini dugaan pencemaran nama baik dan penghinaan dan penyebaran berita bohong kepada Ketua Umum PBNU Kh Yahya Cholil Staquf,” kata Ketua GP Ansor DKI Muhammad Ainul Yakin kepada wartawan, Selasa 8 November 2022.

Dalam laporan ini, pihak GP Ansor DKI turut menyertakan beberapa barang bukti. Salah satunya, tangkapan layar akun Twitter Faizal.

Ainul menyampaikan bahwa pelaporan ini merupakan puncak kemarahan kader NU atas segala bentuk pernyataan yang disampaikan oleh Faizal.

“Ini puncak dari kemarahan kami sebagai kader NU, sudah sering kami dengar dan akhir-akhir ini sudah sangat vulgar sekali dan itu beritanya fitnah semua. Jadi makanya kami laporkan ke Polda Metro Jaya,” tuturnya.

“Salah satunya mengatakan Ketum PBNU membenci para habaib, dalang untuk pembubaran habaib. Itu sangat keji sekali karena kalau rekan-rekan lihat di PBNU para habaib banyak, itu tidak mungkin, itu fitnah,” imbuhnya.

Laporan terhadap Faizal ini teregister dengan nomor LP/B/5700/XI/2022/SPKT/POLDA METRO JAYA tanggal 8 November 2022.

Faizal dilaporkan terkait dugaan tindak ujaran kebencian dan atau berita bohong sebagaimana diatur dalam Pasal 28 ayat 2 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE dan atau Pasal 14 ayat 2 dan atau Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang KUHP.

Sebelumnya, Pimpinan Pusat GP Ansor juga menyatakan akan mengawal proses hukum terhadap Faizal hingga diganjar pidana sesuai aturan yang berlaku.

“Kami akan secara aktif mengawal proses hukum sampai tuntas hingga perbuatan Faizal Assegaf diganjar pidana sesuai hukum dan peraturan perundang-undangan,” kata Juru bicara LBH GP Ansor M. Syahwan Arey dalam keterangannya dikutip di laman resmi GP Ansor, Selasa (8/11).

Syahwan menilai cuitan Faizal Assegaf di Twitternya sedang mempertontonkan keburukan adab lantaran menimbulkan permusuhan di tengah masyarakat.

“Faizal Assegaf mempertontonkan kebodohannya dan keburukan adabnya melalui cuitan-cuitan yang menimbulkan permusuhan antargolongan dan mengadu domba,” ujarnya. (Al)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here