Elon Musk Bakal Kunjungi Indonesia pada November

73

Muslim Obsession – CEO Tesla dan SpaceX Elon Musk telah memutuskan untuk mengunjungi Indonesia pada November tahun ini.

Pemerintah Indonesia ingin Musk mendirikan industri baterai listrik kelas dunia karena negara ini memiliki cadangan nikel yang besar.

Presiden Indonesia Joko Widodo bertemu Musk di Starbase, fasilitas produksi roket SpaceX, lokasi uji, dan pelabuhan antariksa di Boca Chica, Texas, selama akhir pekan lalu dan mengundangnya untuk datang ke Indonesia.

Menurut Jakarta Globe, Musk mengaku sangat tertarik dengan masa depan Indonesia, yang menurutnya memiliki “potensi besar” untuk beberapa kolaborasi dengan Tesla dan SpaceX.

Musk juga menyebut jumlah penduduk Indonesia yang besar dan pertumbuhan ekonomi yang konsisten sebagai faktor yang membuatnya tertarik dengan negara terpadat di Asia Tenggara itu, kata laporan itu.

Tesla telah agresif dalam pengadaan nikel untuk baterai kendaraan listriknya.

Sementara itu, para menteri di India, khususnya Union Road Transport and Highways Minister Nitin Gadkari, terus meminta kepada CEO Tesla untuk datang dan memproduksi mobil listrik di India.

Dari Menteri Industri Telangana, KT Rama Rao, hingga Menteri Maharashtra dan Presiden NCP negara bagian Jayant Patil, beberapa pemimpin India telah berulang kali meminta Musk untuk membawa Tesla ke India, tetapi tidak berhasil.

Musk mengatakan bahwa dia menghadapi tantangan dari pemerintah untuk merilis produknya di India.

Saat ini, India memungut pajak 100 persen untuk mobil impor dengan harga lebih dari $ 40.000 (Rs 30 lakh), termasuk asuransi dan biaya pengiriman, sementara mobil kurang dari $ 40.000 dikenakan pajak impor 60 persen.

Dengan label harga $ 40.000 (lebih dari Rs 30 lakh), Tesla Model 3 dapat tetap sebagai model yang terjangkau di AS tetapi dengan bea masuk, itu akan menjadi tidak terjangkau di pasar India dengan label harga yang diharapkan sekitar Rs 60 lakh.

Sementara itu, tim yang dipekerjakan Musk di India tahun lalu kini telah dialihkan untuk fokus pada pasar Timur Tengah dan Asia-Pasifik yang lebih besar.

Nishant Prasad, yang bertanggung jawab untuk membangun jaringan supercharger Tesla di India, telah memperbarui profil LinkedIn-nya menjadi Charging Operations Lead-APAC.

Manoj Khurana, yang merupakan rekrutan pertama Tesla India, yang bertanggung jawab atas kebijakan publik dan pengembangan bisnis, pindah ke California bulan lalu untuk mengambil peran produk.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here