Dudung Keluhkan Pangdam Jaya Hanya Dapat Rp16 Miliar Era Anies Baswedan

74

Jakarta, Muslim Obsession – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Dudung Abdurachman kembali mengulas masa lalu dimana ia masih menjabat sebagai Pangdam Jayakarta saat Gubernur DKI Jakarta dijabat Anies Baswedan.

Dudung mengeluhkan Pangdam Jaya hanya mendapat hibah sebesar Rp16 miliar dari Pemprov DKI Jakarta. Ia membandingkan dana hibah yang diberikan ke unit lainnya di tubuh TNI seperti Kostrad, Kopassus, hingga Mabes AD.

“Waktu saya Pangdam Jaya, saya pernah sampaikan gubernur waktu itu. Renovasi Gedung Sudirman itu sudah lama sekali, yang saya heran waktu itu Kodam Jaya Jayakarta itu dapat hibahnya itu Rp16 miliar,” ujar Dudung di Kodam Jaya Jayakarta, Rabu (21/12).

“Sementara Lakespra Rp84 miliar, Kostrad Rp52 miliar, Kopassus Rp48 miliar. Mabes AD aja dapat Rp43 miliar,” imbuhnya.

Kala itu, Dudung mengaku merasa ironis dengan jumlah dana hibah itu bila dibandingkan dengan tanggung jawabnya di DKI.

Dia juga mengaku sempat menyampaikan kepada Gubernur DKI Jakarta kala itu, Anies Baswedan, bahwa mitra Pemprov yang paling dekat adalah Kodam Jaya dan Polda Metro. Sehingga apabila terjadi sesuatu di Jakarta, maka mereka lah yang akan turun lebih dulu mengatasi masalah di wilayah ibu kota RI tersebut.

“Saya bilang, itu mitranya gubernur itu Pangdam sama Kapolda kalau terjadi sesuatu di Jakarta yang berangkat duluan pasti Polda dan Kodam Jaya bukan Kopassus, bukan Kostrad, apalagi Mabes AD, kalau terjadi banjir dan sebagainya. Kok kita malah [diberi dana hibah] Rp16 miliar, ironis saya bilang,” kata Dudung.

Alumni Akademi Militer (Akmil) angkatan 1988 itu memang pernah menjabat sebagai Pangdam Jaya Jayakarta pada tahun 2020 hingga 2021 lalu.

Kala itu, Dudung menggantikan Letjen TNI Eko Margiyono yang ditarik menjadi Pangkostrad.

Setelah menjabat sebagai Pangdam, Dudung sempat menjabat sebagai Pangkostrad menggantikan Eko yang dimutasi menjadi Kasum TNI.

Setelahnya, pada November 2021, barulah ia didapuk sebagai KSAD menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa yang diangkat menjadi Panglima TNI. (Al)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here