Dua Juta Umat Islam Ibadah Umrah Sejak Awal Ramadhan

67
Ilustrasi Umrah

Muslim Obsession – Bulan suci Ramadhan memiliki daya tarik tersendiri bagi jutaan jamaah dari berbagai belahan dunia untuk berduyun-duyun melakukan umrah. Pasalnya, umrah yang dilakukan di bulan suci Ramadhan dianggap setara dengan haji.

Tidak heran jika hanya dalam seminggu Ramadhan, hampir 2 juta Muslim telah melakukan umrah di Masjidil Haram di kota suci Makkah sejak bulan suci Ramadhan dimulai pada 2 April 2022.

Hal itu disampaikan langsung oleh otoritas Saudi. Menurut Osama bin Mansour, dilansir The Islamic Information, Rabu (14/4/2022) Wakil Ketua Umum Kepresidenan Dua Masjid Suci untuk Manajemen Jamaah, semua jamaah telah menjalankan ritual dari awal Ramadhan hingga hari kesepuluh dengan tetap mengikuti protokol pencegahan kesehatan.

Ia menambahkan, Masjidil Haram telah menyediakan layanan terpadu yang sesuai dengan kebutuhan jamaah dalam mendapatkan pengalaman terbaik selama berkunjung ke Masjidil Haram.

Salah satu layanan terpadu yang diberikan adalah jalur peruntukan bagi lansia dan penyandang disabilitas fisik.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Kepresidenan Umum telah mengabdikan kapasitas penuhnya untuk melayani jamaah umrah selama bulan suci Ramadhan, yang biasanya merupakan puncak umrah.

Selain itu, telah ditentukan bahwa seluruh halaman di sekitar Ka’bah Suci disediakan untuk jamaah untuk melakukan ritual keliling.

Antusiasme para jamaah untuk menunaikan umrah tidak lepas dari keputusan pemerintah Arab Saudi untuk tidak membatasi jumlah jamaah yang ingin menunaikan umrah tahun ini.

Otoritas Saudi baru-baru ini melonggarkan langkah-langkah untuk melakukan umrah yang sejalan dengan langkah Kerajaan yang juga telah mencabut sebagian besar pembatasan COVID-19.

Kementerian Haji dan Umrah telah mencabut beberapa tindakan pencegahan termasuk membatalkan izin shalat di dua masjid suci dan membatalkan pemeriksaan imunisasi wajib untuk memasuki dua tempat suci bagi semua jamaah.

Tidak hanya itu, Kementerian juga telah mencabut pendaftaran wajib data imunisasi bagi umat Islam di luar negeri untuk mendapatkan izin umrah.

Presentasi wajib hasil tes PCR negatif bagi jamaah yang ingin mendapatkan akses ke dua masjid suci juga telah dicabut.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here