Dr. Hj. Reni Marlinawati: Pejuang Pendidikan dan Pengawal RUU Pesantren

907
Reni bersama para pelajar. (Foto: Twitter)

Pesantren dan NKRI

Sejarah pendidikan Islam di pondok pesantren sangat tua. Sejarawan Prof. Dr. Sartono Kartodirdjo (almarhum), Guru Besar Sejarah UGM, mencatat, sejak abad ke-19, pondok pesantren telah mendidik kader-kader muda Indonesia yang anti-kolonial.

Salah satu pondok pesantren tertua di nusantara adalah Pesantren Rifaiyah di Tempuran, Kalisalak, Batang. Pendirinya, KH Ahmad Rifa’i (1786-1870).

KH Ahmad Rifa’i – orang Batang dan Kendal menyebutnya Ki Ripangi – adalah teman seperguruan KH Kholil Madura di kota suci Mekah, gurunya KH Hasyim Asy’ar, pendiri Jam’iyah Nahdlatul Ulama. Prof. Dr. Karel A Steenbrink, sejarawan Belanda mencatat, KH Rifa’i adalah ulama Indonesia tradisional yang paling produktif menulis kitab.

Uniknya, kitab-kitab karya Ki Ripangi ditulis dalam bentuk puisi atau prosa puisi dengan huruf arab pegon. Menurut KH Syadzirin Amin, salah seorang kyai Jamaah Rifaiyah di Paesan, Kedung Wuni, Pekalongan yang hingga hari ini masih mengaji, menekuni, dan menyebar luaskan kitab-kitab “Tarjumah” – sebutan untuk kitab-kitab karya KH Ahmad Rifai — ulama dari Kalisalak ini telah menulis lebih dari 10.000 nadham/bait puisi.

Jumlah kitab Tarjumah – menurut Prof Sartono – mencapai 54 buah. Soal jumlah kitab karya Ki Ripangi ada beberapa pendapat. Ada yang menyatakan 60, 70, dan lain-lain. Tapi satu hal yang jelas, catat Prof. Steenbrink, ulama Indonesia paling produktif menulis kitab hingga saat ini adalah KH Ahmad Rifa’i.

Kitab-kitab karya Ki Ripangi mencakup banyak hal. Mulai dari masalah tauhid, fikih, ahlak, sampai politik. Kitab-kitab Kyai Rifai mengenai politik inilah yang menimbulkan kegaduhan. Tidak hanya Belanda yang marah terhadap KH Rifai.

Tapi juga priyayi Jawa yang berkolaborasi dengan Belanda. Ki Rifai misalnya mengecam beberapa adipati dan raja Jawa yang mau bekerja sama dengan Belanda. “Luwih becik mangan telo, ketimbang nunut Londo,” tulis Ki Ripangi dalam salah satu kitabnya.

Akibat kitab-kitabnya yang banyak mengecam Belanda, KH Rifa’i pun ditangkap. Beliau dibuang ke Menado. Di tempat pengasingan, Kyai Rifa’i terus berjuang bersama Kyai Mojo yang juga dibuang ke Menado, untuk menggaungkan perlawanan terhadap penjajah. Berkat jasa-jasanya, KH Rifai akhirnya mendapatkan gelar Pahlawan Nasional tahun 2009.

Dari gambaran di atas, kita mengetahui betapa besarnya jasa pondok pesantren dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Jika Ki Ripangi berjuang melalui pondok pesantren dengan pendidikan islamnya yang antikolonial di abad ke-19, beda lagi dengan perjuangan para ulama dalam menyusun UUD 45 di abad ke-20.

Saat itu, 18 Agustus 1945, di saat kondisi kritis, para ulama yang duduk di BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-usaha Kemerdekaan Indonesia) seperti KH Wahid Hasyim, KH Bagus Hadikusumo, dan Prof. Kasman Singodimejo yang mewakili Islam berani mencoret tujuh kata yang sangat terkenal (Ketuhanan dengan Kewajiban Menjalankan Syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya) yang tertera dalam mukadimah UUD 45.

Wakil-wakil Kristen dan Katholik dari Indonesia Timur mengancam keluar dari NKRI jika “tujuh kata tersebut” tetap berada dalam mukadimah UUD 45. Dengan legowo, wakil-wakil Islam akhirnya mencoret tujuh kata tersebut. Ini sebuah ijtihad besar umat Islam dalam membangun NKRI.

Dari sanalah kita memahami kenapa pondok pesantren punya peran besar dalam mengusir penjajah Belanda dan menegakkan NKRI. Tapi sayang, selama Indonesia merdeka, justru pendidikan pesantren dianaktirikan. Itulah sebabnya PPP berjuang keras untuk mengusung RUU Pesantren di Senayan. Reni Marlinawati adalah corong PPP yang tegas dan berani mengawal RUU Pesantren sampai gol.

Reni Marlinawati menjelaskan, dengan golnya RUU Pesantren ini, pertama, pemerintah secara de fakto mengakui eksistensi pendidikan pesantren yang telah berjasa besar dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dan menegakkan NKRI.

Kedua, dengan adanya RUU Pesantren, akan banyak pondok pesantren di desa-desa yang mendapat perhatian pemerintah, baik dari soal hardware infrastruktur pelayanan pendidikan (gedung, ruang belajar, dan pendanaan rutin), maupun software pendidikan pesantren (guru berkualitas dan konsep-konsep pendidikan yang kompatibel dengan zaman).

Dampaknya, niscaya di masa datang, akan muncul banyak ulama dan kader bangsa dari desa-desa yang selama ini mengandalkan pendidikannya di pondok pesantren.

Selamat Jalan Teh Reni. Perjuanganmu di Senayan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dan pengawalanmu terhadap RUU Pesantren sungguh sangat mengagumkan. Langit mencatan semua itu. Imbalannya, sorga untukmu di alam keabadian Teh Reni. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here