Disiplin Saat Umrah, Pemerintah Arab Saudi Puji Jamaah dari Indonesia

169
Ilustrasi: Jamaah haji perempuan.

Jakarta, Muslim Obsession – Pemerintah Arab Saudi mengapresiasi kedisiplinan jamaah Indonesia saat menunaikan ibadah umrah di Tanah Suci. Apresiasi ini disampaikan baik oleh Kedubes Arab Saudi di Jakarta maupun pihak Kementerian Haji Arab Saudi.

Demikian dikemukakan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Hilman Latief usai bertemu dengan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Syekh Esam Bin Ahmed Abed Al Taghafi.

BACA JUGA: Jamaah Umrah Karantina di Asrama Haji Dikenakan Biaya Rp3 Juta

Hilman mengatakan, komunikasi dengan pihak Arab Saudi juga terus dijalin. Koordinasi sangat penting sebagai acuan utama komitmen Kementerian Agama dengan Pemerintah Arab Saudi untuk melakukan Ibadah Umrah sesuai prosedur yang berlaku.

“Alhamdulillah, hasil dari komunikasi Kementerian Agama dengan Menteri Haji Arab Saudi, bahwa update di Arab Saudi, tidak ada jamaah umrah yang bermasalah dokumennya,” urai Hilman mengutip Kemenag, Sabtu (5/2/2022).

BACA JUGA: 8.000 Jamaah Indonesia Berangkat Umrah, Nol Kasus Covid-19

Update terkait dengan keaslian dan kelengkapan dokumen, sesuai dengan komitmen Kementerian Agama dengan Menteri Haji Arab Saudi. Dokumen jamaah umrah alhamdulillah aman semua dan mereka dapat menjalankan ibadah umrah sesuai prosedur,” sambungnya.

Kementerian Agama, lanjut Hilman, berkomitmen untuk terus memupuk kepercayaan ini. Pihaknya akan mengawal agar jamaah umrah Indonesia tetap bisa disiplin dan memenuhi persyaratan yang berlaku.

“Peran Kementerian Agama dalam membangun kepercayaan itu cukup berat. Namun, kita akan terus pupuk dan terus berkomunikasi secara intensif, baik di dalam atau luar negeri sehingga jamaah umrah dapat terus menjalankan ibadah sesuai prosedur,” tandasnya. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here