Deretan Raja Kristen yang Ramah Terhadap Islam

1801
Katedral Cefalu, salah satu bangunan paling menarik di Sisilia, yang berasal dari Norman King Roger II, ditahbiskan pada tahun 1267. Mencerminkan pengaruh arsitektur Norman, Latin, Yunani, dan Arab. (Vladimir Korostyshevskiy / Shutterstock)

Alfonso X dari Kastilia

Pada tahun 1252, Pangeran Castilian Alfonso X dimahkotai sebagai raja Kastilia dan dijuluki “Al Hakim”. Ia dikenal karena kecintaannya pada sains, sastra, dan pengetahuan. Ia juga sangat erat dengan budaya Arab-Islam.

Karena itu, banyak cendekiawan menyebutnya sebagai Arab Spanyol pertama. Alfonso X berperang dengan sengit melawan kaum Muslim, dan pulih dari cengkeraman mereka di kota-kota Cádiz dan Cartagena.

Tetapi, dia segera membawa para cendekiawan Muslim dari seluruh Andalusia. Memberikan mereka uang dan berjanji untuk merawat mereka. Sekaligus mempekerjakan mereka di sekolah penerjemahan yang didirikannya di Toledo.

Raja Alfonso X juga menggunakan para sarjana Arab untuk mengajar di universitas-universitas Spanyol, yang kemudian menjadi salah satu universitas paling penting di Eropa. Semua mahasiswa sains datang berbondong-bondong ke sana untuk belajar. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here