Deqa Dhalac Muslim Kulit Hitam Pertama yang Sukses Jadi Wali Kota di AS

132

Jakarta, Muslim Obsession – Sosok Deqa Dhalac (53) menjadi perhatian banyak orang setelah terpilih sebagai Wali Kota di negara bagaian Maine, Amerika Serikat (AS). Pasalnya dia adalah seorang muslim kulit hitam yang pertama kali menduduki jabatan tersebut.

Deqa merupakan wanita keturunan Somalia-Amerika kini menjabat sebagai wali kota terpilih, Selasa (7/12/2021). Wanita berhijab itu menjadi pemimpin di kota dengan 90 persen populasi warga kulit putih.

Anggota dewan kota lainnya di South Portland yang semua berkulit putih, dengan suara bulat memilih Dhalac. Dia datang ke AS pada 1992 setelah perang saudara pecah di Somalia.

Menurut Pemimpin Amerika Baru, sebuah kelompok yang melatih dan mendukung imigran, pengungsi, dan kandidat beragam lainnya untuk posisi pemerintah, Dhalac merupakan wali kota Somalia-Amerika pertama di AS.

“Sebagai seorang wanita kulit hitam, imigran, dan Muslim yang sebelumnya juga menjadi orang kulit hitam dan Muslim pertama yang terpilih di Dewan Kota Portland Selatan, Wali kota Dhalac merupakan kekuatan untuk perubahan positif di komunitasnya,” kata kelompok itu di Instagram.

Mereka mengaku sangat bangga memilikinya di jaringan pejabat terpilih Amerika Baru. Mereka pun menantikan semua hal luar biasa yang akan dia capai sebagai Wali Kota South Portland.

“Orang akan selalu memiliki semacam reservasi … tetapi akan mengenal Anda, mendengarkan Anda dan melihat siapa Anda melalui itu,” kata Dhalac saat berbicara pada upacara peresmian.

Dia mengaku memutuskan masuk politik melawan kebijakan Islamofobia mantan Presiden AS Donald Trump. Dhalac juga berharap pemilihannya akan memberi contoh bagi kelompok minoritas lain dan generasi baru di negara itu.

Ketika dia mencalonkan diri untuk pemilihan Dewan Kota pada tahun 2018, orang-orang takut untuk membukakan pintu ketika dia mengetuk untuk meminta suara mereka. Bahkan beberapa orang mengira dia tidak berbicara bahasa Inggris.

Dia pun mengungkapkan rasa bangganya karena menjadi contoh bagi generasi mendatang yang berada di posisi yang sama seperti sekarang. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here