Dengan Kepres, Jokowi Bakal Akhiri PPKM Pekan Ini

64
Presiden Jokowi minta 8 Juli Asrama Haji Pondok Gede beroperasi sebagai RS Darurat (foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, Muslim Obsession – Presiden Joko Widodo bakal menerbitkan keputusan presiden (keppres) untuk menghentikan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pekan ini.

Jokowi mengatakan sedang menunggu kajian akhir dari Kementerian Kesehatan. Ia berencana segera meneken aturan pencabutan PPKM jika kajian sudah selesai.

“Minggu ini harusnya kajian dan kalkulasi itu sudah sampai ke meja saya sehingga bisa saya siapkan nanti keputusan presiden mengenai penghentian PSBB-PPKM. Kita harapkan segera sudah saya dapatkan dalam minggu-minggu ini,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (21/12).

Sementara itu, Koordinator PPKM Luar Jawa-Bali Airlangga Hartarto menyebut kajian akan selesai dalam waktu cepat. Dia menyebut pemerintah sedang merampungkan sero survey atau survei mengenai kadar antibodi masyarakat.

Dia berkata jumlah kasus di Indonesia terus menurun. Bahkan, jumlah kasus tak mencapai 2.000 kasus per hari dalam beberapa waktu terakhir.

“Sudah hampir satu tahun Indonesia landai, artinya berdasarkan kriteria dari WHO di level 1 dan itu sudah 12 bulan artinya secara negara sebetulnya kita sudah masuk, pandeminya sudah berubah menjadi endemi,” ujar Airlangga.

Sebelumnya, pemerintah menetapkan pandemi Covid-19 sebagai bencana nasional pada 13 April 2020. Indonesia menerapkan sejumlah pembatasan sejak pertengahan 2020. Kebijakan itu dibuat untuk merespons penyebaran Covid-19. (Al)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here