Dari Sebuah Lorong, Dai Parmusi Sukses Bangun Kampung Al-Quran

182
Ustadz Rahim Mayau bersama para santrinya.

Muslim Obsession – Ustadz Rahim Mayau, seorang Dai Parmusi asal Sulawesi Selatan sukses membangun Kampung Al-Quran di lorong Kompleks Mangga Tiga Permai Paccerakkang Daya Makassar.

Pesantren yang dipimpinnya bersama santri dan warga setempat itu pun diberi nama Pesantren Lorong Raudhah Indonesia.

Ustadz Rahim yang juga Sekretaris Dewan Pakar Pengurus Wilayah PARMUSI (Persaudaraan Muslimin Indonesia) itu menuturkan, awalnya ia bersama keluarganya mendirikan Rumah Quran Bani Thahir.

Kemudian untuk meningkatkan kerja keumatan, maka pada tahun 2019 didirikanlah Pesantren Lorong Raudhah Indonesia dengan konsep pesantren tanpa pondok.

“Yakni pesantren yang memanfaatkan seluruh potensi yang ada di lorong, mulai sumberdaya manusia sampai sarana yang ada di Lorong,” tutur Ustadz Rahim, Kamis (26/5/2022).

Sampai saat ini, lanjutnya, progres dakwah meningkat cepat dan sangat terasa di Pesantren Lorong Raudhah Indonesia. Atas pertolongan Allah Ta’ala, pada tahun 2021, santri dan warga sekitar berhasil mewujudkan Kampung Al-Quran.

“Ini ditandai dengan adanya 15 Sanggar Cinta Al-Quran di Lorong Raudhah yang panjangnya kurang lebih 100 meter dan 25 lainnya berada di berbagai tempat yang juga dirintis untuk menjadi Kampung Al-Quran. Saat ini telah berdiri pula Masjid Hubbul Quran yang senantiasa makmur dengan ramainya orang membaca Al-Quran, dan kegeiatan taklim,” ungkapnya.

Ustadz Rahim berharap progres ini terus berlanjut menjadi Kampung Qurani, dimana warga dan santrinya senantiasa berusaha mengamalkan petunjuk Al-Quran.

“Insya Allah ke depan Pesantren Lorong Raudhah Indonesia melalui Kampung Quran akan melahirkan para penghafal Al-Quran, ulama, dan juga umara yang berhati mulia,” harapnya.

Ustadz Rahim mengatakan, di awal Juli 2022 nanti akan dilaksanakan Wisuda ke-5 Pesantren Lorong Raudhah Indonesia di Kampung Quran Lorong Raudhah yang diikuti 50 orang wisudawan, mulai anak-anak, remaja, ibu-ibu, dan bapak-bapak. Bahkan seperti wisuda sebelumnya, ada juga ibu dan anak yang diwisuda secara bersamaan.

“Bersamaan dengan ini, izinkan saya menyampaikan selamat dan sukses berkah atas pelaksanaan Mukernas II Parmusi 2022 di Jakarta 26-29 Mei 2022. Semoga dakwah ilallah yang disemai Parmusi dapat meluas dan dirasakan manfaatnya oleh rakyat di Tanah Air,” pungkasnya. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here