Daftar Tokoh Indonesia yang Terima Penghargaan dari Kekaisaran Jepang

108
Akbar Tandjung terima penghargaan dari Kekaisaran Jepang bersama tokoh dari sejumlah negara.

Jakarta , Muslim Obsession – ​Pemerintah Jepang baru saja memberikan penghargaan kepada Akbar Tandjung. Politisi senior Partai Golkar ini menerima penghargaan Bintang Tanda Jasa Grand Cordon of the Order of the Rising Sun. Penghargaan diberikan pada Rabu 9 November 2022.

Ternyata bukan hanya Akbar, banyak tokoh Indonesia yang juga pernah mendapat penghargaan dari Kekaisaran Jepang. Sebelumnya, Wakil Presiden Republik Indonesia ke-10 dan ke-12 Muhammad Jusuf Kalla (JK) juga meraih penghargaan tertinggi bintang jasa utama The Grand Cordon of the Order of the Rising Sun dari Kekaisaran Jepang.

Penganugerahan ini diberikan langsung oleh Kaisar Jepang Naruhito melalui upacara kenegaraan di Istana Kekaisaran (Imperial Palace) pada Selasa, 10 Mei 2022.

Jusuf Kalla menerima penghargaan tertinggi Pemerintah Jepang ini karena telah berkontribusi besar untuk memperkuat hubungan bilateral dan mempromosikan persahabatan antara Indonesia dan Jepang.

Bintang jasa The Grand Cordon of the Order of the Rising Sun dari Kaisar Jepang sebelumnya pernah diterima oleh Menteri Luar Negeri RI periode 1988 – 1999 Ali Alatas pada 2007 dan anggota Dewan Pertimbangan Presiden periode 2010 – 2014 Ginanjar Kartasasmita pada 2008.

Penghargaan Order of the Rising Sun diberikan kepada individu yang telah mencapai prestasi luar biasa dalam hubungan internasional, promosi budaya Jepang, dan pelestarian lingkungan. Penghargaan ini diberikan pertama kali oleh Kaisar Meiji pada tahun 1875.

Terdapat sejumlah tingkatan dari penghargaan Order of the Rising Sun ini, dari yang tertinggi yaitu: The Grand Cordon of the Order of the Rising Sun; The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star; The Order of the Rising Sun, Gold Rays with Neck Ribbon; The Order of the Rising Sun, Gold Rays with Rosette; The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Rays, dan terakhir The Order of the Rising Sun, Silver Rays

Untuk periode musim semi 2022, dari 112 warga negara asing yang menerima penghargaan Order of the Rising Sun, 3 tokoh berasal dari Indonesia dan 22 orang di antaranya adalah perempuan. Selain kepada JK, Pemerintah Jepang memberikan penghargaan bintang jasa The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star kepada Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamenku Buwono X dan Duta Besar RI untuk Jepang periode 2013-2016 Yusron Ihza Mahendra. (Al)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here