Buya Syafii Disemayamkan di Kauman, di Makamkan di Kulonprogo

111
Syafii Maarif
Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Syafii Maarif (Foto: Istimewa)

Yogyakarta, Muslim Obsession – Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif wafat di DI Yogyakarta (DIY) pada Jumat (26/5) pagi.

Kabar itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir. Sosok yang akrab disapa Buya Syafii itu, meninggal di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman, DIY pada Jumat pagi pukul 10.15 WIB.

“Muhammadiyah dan bangsa Indonesia berduka. Telah wafat Buya Prof Dr H Ahmad Syafii Maarif pada hari Jumat tgl 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping,” kata Haedar dalam keterangan tertulisnya, Jumat.

Sementara itu berdasarkan keterangan dari Ketua Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Budi Setiawan, almarhum Buya Syafii dibawa ke Masjid Besar Kauman untuk dishalatkan dan disemayamkan.

Setelah itu, sambungnya, baru akan dimakamkan pada Jumat petang nanti.

“Ba’da ashar akan dimakamkan di Pemakaman Husnul Khotimah… Pemakaman Muhammadiyah Tepatnya di Dusun Donomulyo, Kapanewon Nanggulan, Kabupaten Kulonprogo,” kata dia.

Sebagai informasi, Buya Syafii sebelumnya sempat dirawat RS PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman, Sabtu (14/5) lalu karena mengalami sesak nafas.

Pihak rumah sakit namun 17 Mei kemarin menyebut kondisi Buya Syafii sudah stabil. Namun, kala itu tenaga medis yang merawat menyebutnya masih memerlukan banyak istirahat. (Al)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here