Bertakwa kepada Allah Ta’ala Rezekinya Akan Meningkat

207

Oleh: Buya H. Masoed Abidin (Ulama dan Penulis)

Orang yang bertakwa akan mendapatkan jaminan rezeki dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Bahkan ia akan mendapatkan rezeki dari arah yang tak disangka-sangka.

Sebagaimana firman Allah dalam surah At-Thalaq ayat 2 dan 3.

“Barangsiapa bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan jalan keluar baginya dan memberinya rizki dari arah yang tidak disangka-sangka,” (QS. At-Thalaq: 2-3).

Rasulullah ﷺ pernah ditanya tentang sesuatu yang paling banyak memasukkan seseorang ke dalam surga, maka beliau pun menjawab: “Takwa kepada Allah dan akhlak yang mulia.”

BACA JUGA: Membangun Rumah Surga yang Damai Tanpa Teriakan

Dan beliau juga ditanya tentang sesuatu yang paling banyak memasukkan orang ke dalam neraka, maka beliau menjawab: “Mulut dan kemaluan.”

Abu Isa berkata: Ini adalah hadits shahih gharib. Abdullah bin Idris adalah Ibnu Yazid bin Abdurrahman Al Audi. (HR: Tarmidzi 1927)

Gemarlah Melakukan Shalat Dhuha

Shalat Dhuha merupakan shalat sunnah yang luar biasa keutamaannya. Shalat Dhuha dua raka’at setara dengan 360 sedekah untuk menggantikan utang sedekah tiap persendian.

Shalat Dhuha empat rakaat, Allah akan menjamin rezekinya sepanjang hari.

فِى الإِنْسَانِ ثَلاَثُمِائَةٍ وَسِتُّونَ مَفْصِلاً فَعَلَيْهِ أَنْ يَتَصَدَّقَ عَنْ كُلِّ مَفْصِلٍ مِنْهُ بِصَدَقَةٍ. قَالُوا وَمَنْ يُطِيقُ ذَلِكَ يَا نَبِىَّ اللَّهِ قَالَ النُّخَاعَةُ فِى الْمَسْجِدِ تَدْفِنُهَا وَالشَّىْءُ تُنَحِّيهِ عَنِ الطَّرِيقِ فَإِنْ لَمْ تَجِدْ فَرَكْعَتَا الضُّحَى تُجْزِئُكَ

“Di dalam tubuh manusia terdapat 360 sendi, yang seluruhnya harus dikeluarkan sedekahnya.” Mereka (para sahabat) bertanya, “Siapakah yang mampu melakukan itu wahai Nabiyullah?”

Beliau menjawab, “Engkau membersihkan dahak yang ada di dalam masjid adalah sedekah, engkau menyingkirkan sesuatu yang mengganggu dari jalan adalah sedekah.

Maka jika engkau tidak menemukannya (sedekah sebanyak itu), maka dua raka’at Dhuha sudah mencukupimu,” (HR. Abu Dawud).

BACA JUGA: Setiap Saat Kita Berjalan Menuju Kematian

يَقُولُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ يَا ابْنَ آدَمَ لاَ تُعْجِزْنِى مِنْ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ فِى أَوَّلِ نَهَارِكَ أَكْفِكَ آخِرَهُ

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman, “Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya Aku cukupkan untukmu di sepanjang hari itu,” (HR. Ahmad).

Yaa Rabbana …

Ashbahna, wa asbahal-mulku lillahi walhamdulillahi, laa ilaaha illa allaah wahdahu laa syarika lah lhul-mulku wa lahul- hamdu wa huwa a’la kulli syaiy-in qadir

Rabbi as-alukal khair maa fi hadzal yaum, wa khair maa ba’dahu, wa A’udzubika min syari maa fi hadzaal yaum, wa syari maa ba’dahu. Rabbi A’udzubika min al-Kasali wa suu’il Kibar, wa A’udzubika min ‘Adzabin fi Naar wa ‘adzabi fil Qabr.

BACA JUGA: Membangun Jiwa Tenang dan Tenteram

“Kami telah memasuki waktu pagi dan kerajaan hanya milik Allah, segala puji hanya milik Allah, Tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Allah yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagiNYA. BagiNYA kerajaan dan bagiNYA segala pujian. Dialah yang Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Wahai Rabb, aku mohon kepadaMu kebaikan dihari ini dan kebaikan sesudahnya, Aku berlindung kepadaMU dari kejahatan dihari ini dan kejahatan sesudahnya. Wahai Rabb, Aku berlindung kepadaMU dari sifat malas dan kejelekan dihari tua. Wahai Rabb, Aku berlindung kepadaMU dari siksa Neraka dan siksa Kubur,” (HR. Muslim no.2723, Abu Dawud no. 5071, Tirmidzi no.3390 ).

Aamiin Yaa Allah.

Wallahu a’lam bish shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here