Berpakaianlah yang Bagus Jangan Seenaknya

186

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, dan Ummul Qura University

Masjid adalah Rumah Allah yang harus selalu dimuliakan, dihormati dan disucikan. Maka, jika ke Masjid, berpakaianlah yang bagus, rapi dan pantas, jangan seenaknya saja.

Jika ke masjid dengan berpakaian seenaknya, seadanya, berarti tidak menghormati, tidak memuliakan Allah SWT.

Allah SWT berfirman:

يا بنى ادم خذوا زينتكم عند كل مسجد وكلوا واشربوا ولا تسرفوا انه لا يحب المسرفين (الاعراف الاية ٣١)

“Wahai anak anak Adam, pakailah pakaianmu yang Indah di setiap memasuki Masjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih lebihan. Sungguh Allah tidak MENYUKAI orang orang yang berlebih lebihan,” (QS. Al-A’raaf: 31).

BACA JUGA: Setan Akan Ikut Menikmati Sambil Menggerogoti Kebaikan

POINTERS:

Lewat ayat di atas, Allah SWT tegas mengingatkan bahwa Allah TIDAK SUKA pada orang-orang:

1- Yang berpakaian seenaknya, tidak memperhatikan kepantasan, keindahan, etika berbusana, apalagi yang TIDAK MENUTUP aurat.

2- Yang berlebihan dalam segala hal, terutama dalam soal makanan dan minuman.

3- Sayang seribu sayang, masih banyak orang yang mengaku muslim, mengaku beriman pada Al-Quran, namun kalau berpakaian masih sesukanya: tidak menutup aurat, kalau ke masjid masih berpakaian seadanya, seenaknya saja, lusuh, kumuh dan terkadang bau, dan apek sampai baunya mengganggu jamaah kiri-kanannya.

BACA JUGA: Jika Keadaanmu Sedang Sulit, Lakukanlah Hal Ini..

Berbeda dengan penganut agama lain yang jika ke tempat ibadahnya, berusaha berbaju bagus dan kelihatan sengaja untuk tampil rapih dan cantik.

Padahal Rasulullah ﷺ sudah memberi contoh, salah satu sunnah adalah kalau ke masjid selalu WANGI dan BERSIH. Bahkan Rasulullah ﷺ melarang orang yang mulutnya bau masuk ke masjid, seperti habis makan bawang.

Maka, Rasulullah ﷺ menganjurkan agar selalu berSIWAK atau SIKAT GIGI setiap akan shalat.

Semoga Allah SWT senantiasa membimbing kita, memberi hidayah petunjuk agar kita selalu cinta melaksanakan apa-apa yang DIPERINTAHKAN Allah, dan menjauhi apa-apa yang dilarang Allah SWT. Aamiin Yaa Allah.

Wallahu a’lam bish shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here