Berkunjung ke Palestina, Menteri Muslim Inggris Shalat di Masjid Al-Aqsa

45

Jakarta, Muslim Obsession – Menteri Negara Inggris untuk negara-negara persemakmuran dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Tariq Ahmad, berkunjung ke Palestina. Ia menyempatkan diri melaksanakan shalat di Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur, Kamis (12/1/2023).

“Suatu kehormatan dan hak istimewa untuk menghabiskan waktu di Masjid Al-Aqsa yang suci pagi ini bersama Direktur Departemen Wakaf Yerusalem Sheikh Azzam Al Khatib,” ungkap Lord Ahmad melalui akun Twitternya, dilansir dari Anadolu Agency, Jumat (13/1/2023).

Menteri Muslim itu mengatakan dukungan Inggris untuk penjagaan atas tempat-tempat suci di Yerusalem bersama dengan menjaga status quo di situs-situs tersebut. Status quo memungkinkan umat Islam untuk beribadah di kompleks Al-Aqsa dan pengikut agama lain untuk mengunjungi situs tersebut.

Pada Rabu (11/1/2023), Menteri Inggris itu memulai kunjungan resmi perdananya ke wilayah Palestina sejak ia menjabat.

Mengutip Wafa, dalam kunjungan resminya ke wilayah tersebut, Menteri Ahmad sempat ditahan menunggu di gerbang selama 30 menit oleh polisi Israel sebelum akhirnya diizinkan masuk.

Dia mengatakan bahwa Departemen Wakaf yang bertanggung jawab atas tempat-tempat suci umat Islam di kota tersebut telah memberitahu polisi Israel sehari sebelumnya tentang kunjungan sang menteri. Namun, ketika delegasi Inggris tiba di pintu gerbang, polisi Israel mengatakan kepada mereka bahwa mereka tidak mengetahui kunjungan tersebut dan menteri yang ingin shalat di masjid tidak bisa masuk.

“Polisi Israel di gerbang diberi tahu bahwa Lord Ahmad adalah seorang menteri pemerintah Inggris dan kunjungan itu telah dikoordinasikan, tetapi ini tampaknya tidak diterima, diskusi termasuk mereka diperlihatkan gambar tweet dia bertemu dengan menteri luar negeri Israel Eli Cohen kemarin,” katanya.

Meski begitu, Menteri Ahmad akhirnya memasuki kompleks suci Muslim setelah penundaan 30 menit dan dapat melaksanakan sholat.

Usai mengunjungi Masjid Al-Aqsa, Menteri Ahmad juga mendatangi Hebron di Tepi Barat dan melakukan tur dalam kota.

Dia bertemu dengan Menteri Luar Negeri Israel Eli Cohen di Yerusalem Barat pada hari Rabu sebelum dia pindah ke kota Ramallah di Tepi Barat untuk bertemu dengan Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Maliki.

Masjid Al-Aqsa adalah situs tersuci ketiga di dunia bagi umat Islam. Orang Yahudi menyebut daerah itu Gunung Kuil, mereka mengklaim bahwa itu adalah situs dua kuil Yahudi di zaman kuno. (Al)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here