Berita Gembira untuk Orang yang Penuh Harap

151

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, dan Ummul Qura University)

Jujur kita akui, bahwa banyak sekali khilaf dan dosa yang telah terlanjut kita perbuat. Keterlanjutan kita berbuat dosa, bukan karena kita ingkari syariat Allah, bukan pula karena tidak takut pada siksa Allah, akan tetapi semata-mata karena kebodohan dan kelemahan kita.

Namun jangan pernah pesimis akan ampunan Allah, selalulah berbaik duga dan penuh harap, bahwa Allah pasti akan mengampuni kita, karena memang Allah Maha Pengampun.

TRUE STORY:

Sahabat terdekat Rasulullah ﷺ bernama Utsman bin Affan radhiyallahu ‘anhu berkata: “Aku telah membaca Al-Quran dari awal hingga akhir, aku belum menemukan ayat yang lebih INDAH dan penuh HARAP selain ayat ini:

قال عثمان رضي الله عنه: قرأت القرآن من أوله إلى آخره فلم أرَ آية أحسن وأرجى من قول الله: “نبئ عبادي أني أنا الغفور الرحيم”. (سورة الحجر ١٥ الاية ٤٩)

“Kabarkanlah kepada hamba hambaKu bahwa, sungguh Akulah Yang Maha Pengampun Lagi Maha Penyayang,” (QS. Al-Hijir [15]: 49).

BACA JUGA: Tingkatkan Lagi Ibadah di Zaman Ruwaibidhah

Rasulullah ﷺ bersabda;

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: عينان لا تمسهما النار عين بكت من خشية الله و عين باتت تحرس فى سبيل الله. (رواه الترمذى)

“Ada dua mata yang tidak akan disentuh oleh Api Neraka, yaitu: mata yang sering menangis karena takut pada Allah, dan mata yang selalu bangun terjaga karena tekun beribadah di jalan Allah Swt.,” (Hadits Sahih Riwayat Al-Imam At-Tirmidzi).

POINTERS:

1. Sungguh Allah Swt., Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Sampai-sampai kata Ar-Rahmaan dan Ar-Rahiim (Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang) diulang-ulang dalam Al Quran sampai 114 kali. Sedang kata Al-Jabbaar الجبار (Yang Maha Memaksa) hanya 1 kali saja.

2. Basmalah berulang 114. Al-Quran terdiri dari 30 Juz, 114 Surah. Tiap Surah diawali dengan BASMALAH kecuali pada Surah At-Taubah. Namun, jumlah BASMALAH dalam Al-Quran tetap 114, karena satu lagi ada dalam Surat An-Naml, surah ke-27 di ayat 30.

BACA JUGA: Bunda Maria Al-Qibtiyyah Berduka di Hari Kusuf

إِنَّهُۥ مِن سُلَيْمَـٰنَ وَإِنَّهُۥ بِسْمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحْمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ

“Sungguh, surat itu, dari SuIaiman dan sungguh (isi)nya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”.

3. Perbanyaklah istighfar, ruku’, sujud, berdoa dan bersedekah, maka Allah Swt. tambah SAYANG di dunia dan akhirat.

Semoga Allah selalu menganugerahkan kita kemudahan dan kemampuan untuk selalu mengerjakan apa yang diperintahkan dan menjauhi apa yang diharamkan Allah Swt. Aamiin.

Wallahu a’lam bish shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here