Banyak Tertawa Mematikan Hati, Banyak Cemberut Bisa Frustrasi

189
Gus Baha. (Foto: Ponpes Almunawwir)

Muslim Obsession – Di antara umat pilihannya Nabi Muhammad Saw. adalah sebuah kaum yang gemar tertawa keras.

Demikian dikatakan Rais Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ahmad Bahauddin Nur Salim, saat Dauroh Ilmiyah Merawat Tradisi Sanad Keilmuan Ulama Nusantara di Yayasan Al-Fachriyah, Tangerang, Banten, Senin (8/8/2022).

“Di antara nanti umat pilihanku orang yang tertawa keras sekali,” ujarnya, mengutip situs resmi NU, Selasa (9/8/2022).

Di sisi lain, jelas kiai muda yang akrab disapa Gus Baha itu, ada satu riwayat yang menyebutkan bahwa banyak tertawa dapat mematikan hati. “Banyak tertawa itu mematikan hati. Tapi itu juga dilawan kalau banyak cemberut bisa frustrasi,” katanya.

Gus Baha menjelaskan, ada seorang mufassir (ahli tafsir) yang menafsirkan, bahwa Allah itu Dzat yang memberi kamu tertawa dan memberi kamu tangis.

“Sekalipun kamu susah, kalau Allah menghendaki tertawa ya tertawa saja. Ada orang miskin yang sebetulnya hendak frustrasi, tetapi lihat badut jadi tertawa. Ya karena membuat orang tertawa itu pekerjaannya Allah. Kalau Allah menghendaki mau apa,” katanya.

“Orang yang senang bukan kepalang, tetapi kalau Allah menghendaki dinangiskan ya menangis,” lanjutnya.

Di situlah, kata Gus Baha, pentingnya bersanad dalam segala aspek kehidupan. Bahwa semua sikap dalam menjalani kehidupan ini memiliki pijakan atau dasar referensi yang kuat.

“Supaya Islam ini meskipun keseharian itu ada sanad. Itu saja kepentingan saya,” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here