Asal Usul Mie Ayam, Makanan Favorit Warga +62

105

Muslim Obsession – Mie ayam menjadi salah satu makanan paling disukai warga Indonesia. Rasanya yang lezat juga mengenyangkan, menjadikan mie ayam paling banyak dicari.

Tahukah Anda, asal usul mie pertama kali dibuat di daratan China sekitar tahun 25-200 M pada masa pemerintahan dinasti Han.

Pada tahun 2005, ditemukan mie tertua yang berumur 4000 tahun di China. Penemuan mie di mangkuk yang terkubur sedalam 3 meter ini menjadi bukti bahwa mie pertama kali dibuat oleh penduduk China.

Di tanah kelahirannya, mie berkembang menjadi bakmi, yang dibuat dari tepung terigu dan disajikan dengan kuah terpisah.

Di atas mie biasanya ditambahkan lauk berupa potongan daging berbumbu serta sayuran. Daging yang umumnya digunakan di China adalah daging babi.

Dari China, pembuatan mie terus berkembang dan menyebar ke Jepang, Korea, Taiwan, negara Asia Tenggara, bahkan ke benua Eropa.

Lalu, mie pertama kali masuk ke Indonesia melalui jalur perdagangan. Namun, saat “hijrah” ke Indonesia melalui hubungan perdagangan, bakmi berubah menyesuaikan lidah lokal.

Dalam perkembangannya, daging babi diganti dengan daging ayam yang disemur kecap, karena mayoritas kerajaan kuno Nusantara merupakan kerajaan Islam. Nah, dari sanalah disebut Mie Ayam.

Mie ayam sering dijual sebagai hidangan jalanan oleh pedagang kaki lima dengan gerobak keliling sederhana, yang biasanya berkeliling di jalan-jalan sekitar perumahan warga.

Mie ayam juga merupakan hidangan populer yang disajikan di warung makan kecil pinggir jalan, hingga rumah makan besar.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here