Arab Saudi jadi Tuan Rumah Piala Asia AFC 2027

291

Muslim Obsession – Untuk pertama kalinya dalam sejarahnya yang kaya, Arab Saudi telah dianugerahi hak tuan rumah untuk menggelar turnamen tim nasional putra paling bergengsi di Asia – Piala Asia AFC 2027 – oleh Kongres AFC ke-33 di Manama pada Rabu (1/2/2023).

Arab Saudi mengajukan tawarannya untuk menjadi tuan rumah Piala Asia AFC edisi ke-19 pada 6 Februari 2020.

Persaingan itu antara India dan Arab Saudi, setelah Qatar mengundurkan diri, menyusul keberhasilannya mendapatkan hak menjadi tuan rumah turnamen pada 2023 alih-alih Cina.

Tim nasional dari total 24 negara Asia akan berpartisipasi dalam turnamen tersebut.

Arab Saudi telah mengalami kesuksesan luar biasa selama bertahun-tahun, dinobatkan sebagai juara dalam tiga kesempatan (1984, 1988, 1996).

Menyusul keputusan Kongres AFC, Menteri Olahraga Saudi Pangeran Abdulaziz bin Turki Al-Faisal mengatakan bahwa Piala Asia 2027 mendapat dukungan penuh dari Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman dan Putra Mahkota serta Perdana Menteri Mohammed bin Salman.

“Kami berkomitmen untuk tidak hanya menyelenggarakan turnamen hebat yang akan berkesan bagi semua penggemar, tetapi juga untuk mengembangkan dan mengembangkan game di seluruh Asia melalui penawaran platform baru untuk pertukaran dan akses ke peluang baru.”

Dia berkata: “Menyelenggarakan acara olahraga besar, dan sepak bola secara khusus memainkan peran integral dalam Visi transformatif 2030 negara kita untuk meningkatkan partisipasi. Saya tidak ragu bahwa turnamen ini akan menginspirasi anak laki-laki dan perempuan di seluruh negeri untuk berpartisipasi dalam olahraga dan bermimpi untuk mewakili negara mereka suatu hari nanti.”

“Saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang terlibat dalam penawaran selama beberapa tahun terakhir yang membantu menghidupkan momen bersejarah ini. Penggemar sepak bola Arab Saudi telah menjadi pendukung kuat tawaran tersebut sejak awal, dan saya yakin bahwa dengan hasrat mereka terhadap sepak bola dan keramahtamahan yang unik, mereka akan membantu membuat Piala Asia AFC 2027 menjadi luar biasa,” tambahnya, dilansir Saudi Gazette.

Yasser Al Misehal, Presiden Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF), juga mengucapkan terima kasih kepada Raja Salman bin Abdulaziz dan Putra Mahkota Mohammed Bin Salman atas dukungan tanpa syarat mereka atas tawaran tersebut.

Al Misehal berkata: “Kami adalah negara yang terikat oleh kecintaan pada sepak bola, dan Piala Asia AFC adalah kejuaraan yang sangat penting bagi kami. Ini adalah turnamen di mana sepak bola Saudi mengalami momen terbaiknya.”

“Kami ingin berterima kasih kepada semua Asosiasi Anggota AFC atas kepercayaan mereka dan berharap untuk membenarkan pilihan mereka dengan memberikan edisi paling berkesan dari kompetisi unggulan ini. Kami berharap dapat menyambut penggemar dari seluruh benua untuk merasakan hasrat kami akan permainan yang indah, selain keragaman budaya dan kota yang ditawarkan oleh negara kami yang indah.”

Turnamen ini akan menampilkan talenta paling menarik dari seluruh Asia, dengan fase kualifikasi akan dimulai pada Oktober 2023.

Sebagai tuan rumah, Arab Saudi telah berjanji untuk fokus pada pembuatan program untuk berkolaborasi dengan semua Asosiasi Anggota AFC untuk menciptakan lapangan permainan yang setara dengan peluang baru untuk semua dan mendukung pengembangan sepak bola muda, membawa bakat generasi berikutnya ke dalam permainan.

Kongres AFC ke-33 menerima presentasi tentang tawaran Arab Saudi untuk menjadi tuan rumah turnamen pada tahun 2027.

Pangeran Abdulaziz memimpin presentasi saat dia menyambut delegasi dari seluruh Asia dan menyoroti kesiapan penuh Kerajaan untuk menjadi tuan rumah Piala Asia AFC dengan istimewa.

Presentasi juga menampilkan Ibrahim Alkassim, Sekretaris Jenderal SAFF, dan mantan pemain tim nasional Saudi Mohammed Abduljawad.

Mereka berdua menyampaikan visi yang jelas tentang warisan yang akan diberikan oleh turnamen ini dalam memberikan kontribusi bagi pertumbuhan dan kemajuan sepak bola di Asia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here