Arab Saudi Dirikan Tempat Shalat Khusus Wanita Lansia di Masjidil Haram

567

Muslim Obsession – Arab Saudi mendirikan tempat shalat khusus untuk wanita lansia di Masjidil Haram.

Tujuan dari fasilitas ini adalah untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi mereka yang datang untuk beribadah, sehingga mereka dapat mengakses layanan dengan mudah.

Di Masjidil Haram, situs paling suci dalam Islam yang terletak di kota Makkah Saudi, area khusus untuk shalat telah disiapkan untuk wanita lanjut usia sebagai bagian dari peningkatan layanan yang ditawarkan kepada jamaah, demikian menurut seorang pejabat masjid, dilansir The Islamic Information, Ahad (5/2/2023).

Masjidil Haram dan Kepresidenan Umum untuk Urusan Masjid Nabi Muhammad mengumumkan penyediaan area shalat di lantai dasar, terletak di sebelah Gerbang No 88, dengan semua fasilitas penting disertakan.

Abeer bit Mohammad, wakil kepala kepresidenan untuk layanan sosial dan kemanusiaan wanita, meresmikan gedung tersebut dengan maksud untuk memudahkan jamaah wanita lanjut usia untuk mengakses layanan dengan nyaman.

“Masjidil Haram telah mengambil langkah untuk meningkatkan layanan yang tersedia bagi para jamaahnya dengan menetapkan area terpisah untuk wanita lanjut usia untuk shalat,” katanya.

Pada pembukaan acara, jamaah yang berada di mushala disuguhi makanan, air zamzam, dan mushaf Al-Quran.

Pengurus Masjidil Haram telah menyiapkan area ibadah khusus untuk individu penyandang cacat fisik dan telah menyediakan semua layanan yang diperlukan untuk menjamin kenyamanan dan keamanan mereka, seperti untuk tuna rungu atau tunanetra.

Sepanjang tahun, sejumlah besar umat Islam dari berbagai tempat datang ke Masjidil Haram di Arab Saudi, tempat Ka’bah Suci berada.

September lalu, Arab Saudi mengambil langkah besar dalam pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) di Masjidil Haram dengan memperkenalkan robot yang memiliki kemampuan untuk membaca Al-Quran dan memberikan khotbah kepada mereka yang datang untuk beribadah.

Pengguna bisa mendapatkan layanan robot dengan mengunduh barcode ke smartphone mereka, atau menggunakan robot dengan menekan perintah untuk memperoleh data imam shalat, muadzin, dan jadwal mingguan, termasuk nama-nama ulama yang menyampaikan khutbah Jumat.

Baru-baru ini, Masjidil Haram telah melihat penyebaran robot untuk memenuhi berbagai tugas seperti mengeluarkan fatwa (fatwa), mensterilkan, dan membersihkan atap Ka’bah Suci.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here