Apakah Rajin Membaca Surat Yasin Bisa Mengabulkan Hajat?

301
Pelajar Islam
Siswa membaca Surat Yasin dan dilanjutkan berdoa bersama.

Jakarta, Muslim Obsession – Bagi masyarakat Indonesia surat Yasin sudah sangat akrab, lantaran setiap malam Jumat banyak masyarakat yang membacanya bersama Yasin Tahlil.

Surat Yasin merupakan surat ke-38 dalam Alquran. Surat berjumlah 83 ayat itu masuk dalam surat Makiyah atau yang diturunkan di Makkah. Arti surat itu hanya Allah yang tahu, namun sebagian ulama tafsir menakwil arti surat itu dengan nama Nabi Muhammad.

Membaca Surat Yasin dianjurkan setiap malam. Keutamaan membaca Surat Yasin tiap malam dengan mengharap ridho Allah seperti disebutkan dalam beberapa hadits akan diampuni dosa-dosanya.

Jika tidak sempat bisa dilakukan tiap malam Jumat. Menurut para ulama hadis membaca Surat Yasin di malam Jumat memiliki banyak keutamaan.

Hal Ini berdasarkan hadis Nabi SAW:

وروي عنه رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم من قرأ سورة يس في ليلة الجمعة غفر له رواه الأصبهاني
“Barangsiapa membaca Yaasiin di hari dan malam Jumat dengan mengharap ridha Allah, diampuni dosanya” (HR Asbahaani). [ At-Targhiib wa at-Tarhiib I/298 ].

Apakah Surah Yasin bisa mengabulkan hajat

Ada sebagian ulama yang mengatakan bahwa di antara khasiat Surat Yasin ini ialah tidak sekali-kali ia dibaca dalam suatu urusan yang sulit, melainkan Allah akan memudahkannya.

Selain dianjurkan dibacakan untuk orang yang sedang menghadapi sakaratul maut dan orang yang sudah meninggal, juga memiliki manfaat atau khasiat memudahkan urusan yang sulit.

Dilansir dari Buku Tradisi Amaliyah Warga NU, dijelaskan manfaat Yasinan atau membaca Surah Yasin seperti disebutkan dalam sejumlah penafsiran mengungkapkan banyak keutamaan-keutamaan dari Surah Yasin.

Rasulullah SAW bersabda: “Bacalah Surah Yasin karena ia mengandung keberkatan”. Keberkahan tersebut di antaranya jika ada orang yang mempunyai hajat maka Allah akan mengabulkannya. Jika ada orang yang susah lalu membaca Surah Yasin, insyaallah akan dihilangkan kesedihannya.

Ulama muda NU yang juga mufasir, KH Ahmad Bahauddin Nursalim (Gus Baha) dalam salah satu pengajiannya membahas keutamaan Surat Yasin menyebutkan bahwa amalan membaca Surat Yasin sebanyak 41x sudah masyhur atau terkenal.

Menurut Gus Baha, membaca Surat Yasin 41 kali keutamannya sangat besar dan keramat sekali.

“Saya punya teman wiridan Yasin 41 kali. Hari terakhir ini setelah beberapa tahun mengamalkannya langsung pintunya terbuka, bisa jalan sampai ke walisongo saat itu juga. Sekarang sudah kaya orangnya. Itu karena barokahnya Surat Yasin. barokahnya wiridan Surat Yasin 41x,” katanya dalam pengajian Kitab Syariatullah Al Kholidah diunggah Kanal Youtube Nuha Channel.

Sedangkan manfaat membaca Surat Yasin 3x dan 7x akan memudahkan urusan sulit yang dihadapi seseorang seperti terlilit utang dan ketakutan luar biasa karena ada persoalan.

Keutamaan membaca Surat Yasin 3x dan 7x ini diungkapkan Prof Dr KH Abdul Ghofur, Pengasuh Ponpes Sunan Drajat Banjaranyar Paciran Lamongan.

Dalam pengajiannya yang diunggah di kanal YouTube, KH Abdul Ghofur menjelaskan, salah satu keutamaan Surat yasin jika diamalkannya rutin akan mendatangkan keberkahan. Seperti karena ketakutan luar biasa karena kesalahan dan terlilit hutang.

“Maka dianjurkan membaca Surat Yasin 3x, insyaallah akan dimudahkan urusannya termasuk utang-utangnya. Kalau urusannya lebih besar lagi, dianjurkan untuk menambah jumlah bacaan surat yasin sebanyak 7x dengan satu tujuan mengharap ridho Allah,” katanya. (Al)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here