Apa Itu Citayam Fashion Week yang Lagi Viral di Jagat Maya

1819

Jakarta, Muslim Obsession – Publik tengah diramaikan dengan istilah Citayam Fashion Week yang kemudian berujung pro dan kontra di tengah masyarakat. Meskipun menuai pro dan kontra, tidak sedikit yang mendukung tren fashion street di kawasan Dukuh Atas-Sudirman ini.

Lalu apa sebenarnya Citayam Fashion Week itu? Bagaimana latar belakang fenomena ini muncul?

Banyak yang sudah tidak asing dengan istilah Paris Fashion Week atau New York Fashion Week. Ini merupakan ajang-ajang di mana para perancang busana memamerkan koleksi-koleksinya yang diperagakan oleh model profesional. Biasanya dipamerkan di jalanan-jalanan kota.

Semua berawal dari para remaja asal daerah penyangga Jakarta seperti Citayam, Bojong Gede, dan Depok, yang mengubah kawasan ruang terbuka Dukuh Atas-Sudirman, Jakarta Pusat, menjadi tempat nongkrong.

Viralnya kawasan Dukuh Atas-Sudirman sebagai lokasi Citayam Fashion Week bermula dari beredarnya video-video para anak muda itu di media sosial, khusunya TikTok.

Para remaja ini mengaku mengunjungi kawasan Dukuh Atas-Sudirman ini untuk sekadar bersantai dan bersosialisasi, dengan mengenakan pakaian yang nyentrik.

Dalam beberapa video wawancara yang muncul di media sosial dan YouTube, ada remaja yang sengaja datang berpasangan dan ketika dimintai komentar, jawaban mereka cenderung blak-blakan dan unik.

Citayam Fashion Week berawal dari ide untuk menghabiskan waktu dan adu kreativitas para remaja ini untuk tampil dengan gaya berpakaian yang mereka sukai. Dalam video-video wawancara, para remaja Citayam itu kerap mengenakan busana-busana yang eksentrik ala street fashion luar negeri.

Selain dari Citayam, anak-anak muda yang unjuk gigi di Citayam Fashion Week juga berasal dari Bojong Gede dan Depok. Sampai pada akhirnya, kawasan SCBD diplesetkan singkatannya menjadi Sudirman Citayam Bojonggede Depok.

Mereka pun menjadi sensasi di internet usai melakukan peragaan busana amatir dengan menjadikan zebra cross sebagai panggung catwalk-nya. Semakin hari, kawasan ruang terbuka Dukuh Atas-Sudirman terus dipadati anak-anak muda, yang bukan hanya dari Citayam, Bojong Gede, Depok, tapi juga Tangerang, Bekasi, dan daerah-daerah penyanggah Jakarta.

Terlebih, Dukuh Atas merupakan lokasi titik pertemuan sejumlah transportasi terpadu di Jabodetabek, yang memudahkan mereka menuju ke sana dari tempat asal masing-masing. Beberapa sosok remaja yang menginisiasi Citayam Fashion Week antara lain Bonge, Jeje, Kurma, dan Roy.

Salah satu anak muda yang terkenal karena Citayam Fashion Week, Bonge, menyapa dari atas mobil di kawasan Taman Stasiun MRT Dukuh Atas, Jakarta, Kamis (14/7/2022). (Al)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here