Apa Artinya Qadarullah? Dalam Hal Apa Saja Boleh Digunakan?

2088
Ilustrasi: Dzikir.

Muslim Obsession – Dalam percakapan sehari-hari, sebagian Muslim sering mengatakan ungkapan Bahasa Arab “Qadarullah”. Bagi yang belum mengetahuinya, Qadarullah artinya adalah ketetapan, takdir atau ketentuan Allah.

Namun, ungkapan ini rupanya tidak bisa digunakan sembarangan. Sebagaimana dijelaskan oleh Habib Dr Salim Segaf Al Jufri melalui salah satu channel Youtube, dikutip Rabu (24/11/2021).

BACA JUGA: Jangan Salah Lagi! Ini Perbedaan Wa‘alaikumussalam dan Wa‘alaikum Salam   

Menurutnya, kalau kata Qadarullah itu diungkapkan kepada hal-hal yang berkaitan dengan musibah, maka tidak mengapa seseorang mengatakan ini sudah takdir Allah.

“Umpamanya takdir seseorang, ini contoh saja, “Ini mestinya dibawa ke rumah sakit, kita terlambat sih jadi akhirnya ia meninggal dunia”, nah ini tidak boleh,” terangnya.

BACA JUGA: Jangan Tertukar, Ini Perbedaan Syafahullah, Syafahallah, Syafakillah dan Syafakallah

Jadi dalam musibah, seperti terjadi kecelakaan itu sudah takdir Allah. Kemudian jika ada yang sakit misalnya disalahkan, “Kenapa dibawa ke rumah sakit, di sana banyak yang terkena covid-19 jadi meninggal dunia”. 

“Jangan menyalahkan, itu sudah takdir. Sebab yang menyembuhkan Dia lah Allah, yang membuat sakit Dia lah Allah. Hidup dan mati di Tangan Allah bukan di tangan kita,” tegasnya.

BACA JUGA: Jangan Keliru! Ini Ucapan Barakallah yang Benar

Lalu, Habib Salim menjelaskan bahwa kita jangan bicara, “Tidak shalat itu sudah takdir saya.”

“Takdir apa Anda, Anda melanggar dengan tidak shalat. Itu bukan takdir Allah. Tapi musibah, sakit dan semacam itu paling sesuai dengan takdir Allah,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here