Anies Ubah Nama Kawasan Kota Tua Kembali Jadi Batavia

298

Jakarta, Muslim Obsession – Setelah sempat ditutup, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi membuka kembali kawasan wisata Kota Tua untuk umum pada hari ini, Sabtu (10/9).

Namun kali ini, komplek bangunan Belanda itu tidak lagi dinamakan Kota Tua, namun Anies menghantinya kembali dengan nama ‘Batavia’.

“Jadi ini adalah pembukaan kembali Kota Tua Jakarta. Kawasan Kota Tua ini kita namai kawasan Batavia sebagaimana nama aslinya dulu,” kata Anies di Plaza Beos, Kawasan Kota Tua, Jakarta.

“Namanya mencerminkan masa lalu, tapi konsepnya mencerminkan kota modern masa depan. Itu yang sedang dibangun,” imbuhnya.

Terkait itu, Anies mengatakan Pemprov DKI telah melakukan revitalisasi untuk Kota Tua. Revitalisasi tersebut membuat Kota Tua semakin terhubung dengan transportasi umum di Jakarta seperti, bus Transjakarta dan kereta api commuter line.

Rencananya, ke depan juga bakal terintegrasi dengan transportasi umum seperti microtrans dan MRT. Pada hari ini, pembangunan MRT tersebut resmi dinyatakan akan dilaksanakan.

Anies turut datang dalam peletakan batu pertama atau groundbreaking CP202 MRT Jakarta yang akan terhubung ke Kota Tua. Peletakan batu pertama itu dilakukan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Duta Besar Jepang Kanasugi Kenji.

“Kita berharap nantinya warga datang ke sini bisa menikmati perjalanan kota ini lintas waktu. Hampir 400 tahun keberadaan tempat ini, bangunan bangunannya berusia cukup panjang,” ucapnya.

“Jadi perjalanan ke sini adalah sebuah perjalanan merasakan masa lalu tetapi konsepnya konsep yang modern,” imbuhnya.

Diketahui, Anies tengah melakukan revitalisasi juga untuk Pasar Hexagon, Pengendalian banjir, Kanal Museum Bahari, penataan Kali Besar Timur, penataan kawasan pedestrian Jalan Lada dan Plaza Beos. (Al)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here