Anggota Tubuh yang Tidak Bisa Disentuh Api Neraka

140

Jakarta, Muslim Obsession – Allah SWT telah menyiapkan neraka sebagai bentuk hukuman kepada manusia yang telah melakukan dosa di dunia. Neraka bisa diartikan sebagai bentuk pencucian jiwa dan tubuh manusia sebelum pada akhirnya dimasukan ke dalam surga.

Banyak literatur dalam Islam yang menjelaskan dan menggabarkan siksa manusia yang didapat di neraka. Tempat ini digambarkan sangat menyeramkan, dimana manusia akan dibakar dan disiksa di dalam neraka. Semua anggota tubuh manusia pun akan merasakan, kecuali bagian-bagian tertentu.

Lantas apa itu? Atsarissujud yakni bekas yang ditinggalkan di dahi di kepala yang digunakan untuk bersujud menyembah Allah swt. Anggota tubuh inilah yang semakin sering digunakan untuk bersujud akan memancarkan sinar yang api neraka tidak bisa menyentuhnya.

Sementara dalam surat Al-Fath ayat 29 disebutkan bahwa Atsarissujud adalah tanda orang yang beribadah dengan sujud. Namun bekas sujud ini bukan dimaknai sebagai bekas hitam yang ada di dahi secara fisik. Atsarissujud ini lebih dimaknai dengan bekas yang memancarkan sinar efek dari beribadah.

“Atsarissujud ini bukan harus dahinya hitam karena sering bersujud. Bisa hitam bisa tidak, karena setiap orang berbeda-beda,” jelas Mustasyar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pringsewu KH Sujadi dalam kajian Tafsir Al-Qur’an Kitab Jalalain karya Syekh Jalaluddin Al-Mahalli, belum lama ini.

Abah Sujadi, sapaan karibnya juga menjelaskan bahwa anggota tubuh lainnya juga berpotensi akan terhindar dari api neraka jika sering digunakan untuk beribadah. Karena anggota tubuh yang frekuensinya tinggi dalam beribadah akan memancarkan sinar yang menjadikan tidak tersentuh oleh api neraka.

“Semakin sering digunakan untuk ibadah, maka akan semakin bercahaya,” ungkap alumni Pesantren Al-Asy’ariyah Kalibeber Wonosobo, Jawa Tengah ini.

Terkait dengan ukuran sujud, Abah Sujadi menjelaskan bahwa disebut sujud adalah ketika kepala seseorang diletakkan di bawah saat shalat dan jika diletakkan kapas sebagai tumpuan kepala, maka kapas tersebut akan meninggalkan bekas cekungan. Hal ini dalam artian tidak perlu ditekan-tekan kuat sehingga muncul tanda hitam di dahi.

Semantara itu ulama asal Rembang, Gus Baha pernah menyampaikan, bahwa sujud adalah identitas kita semua umat Islam kelak di akhirat. Tidak ada yang lebih di dunia ini, kecuali sujud. Karena sujud adalah perintah Allah, dimana Allah memerintahkan manusia di bumi untuk sujud menyembah kepadanya, bukan diperintah untuk menjadi orang kaya. (Al)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here