Anggota Komisi III Fraksi Gerindra Dukung Upaya Sukses Para Pegiat UKM Kopi di Sumsel

35

Palembang, Muslim Obsession – Anggota DPR RI Komisi III Fraksi Gerindra, Siti Nurizka Putri Jaya, mengatakan bahwa Sumatera Selatan memiliki pegiat UKM-UKM yang potensial untuk dikembangkan lebih lanjut.

Hal itu disampaikan Siti Nurizka saat menghadiri Pelatihan Barista Kopi bagi para pegiat UKM di Kota Palembang, Sabtu (12/11/2022).

“Pemilihan pelatihan ini sangat tepat. Seperti diketahui bersama bahwa bisnis warung kopi atau Coffee Shop tidak akan mati, karena kopi sudah mendarah daging bagi masyarakat Indonesia bahkan di dunia,” ujar Siti Nurizka.

Siti Nurizka menambahkan, alasan itu menguat jika melihat dewasa ini terjadi perubahan cara masyarakat Indonesia minum kopi, dimana meminum kopi bukan lagi sekadar rutinitas harian dalam rumah tangga dan menjamu tamu, melainkan sudah menjadi gaya hidup.

Di sisi lain, jelasnya, pelatihan seperti ini sangat dibutuhkan oleh pelaku Usaha Kecil dan Mikro (UKM) dalam upaya mendongkrak pengembangan usahanya untuk mampu menembus ranah pemasaran produknya.

“Dan hal ini sangat terbuka lebar bagi pelaku-pelaku usaha agar siap bersaing di pasar, demikian juga halnya terhadap pelaku Usaha Mikro yang bergerak dalam bidang usaha Barista,” jelas Siti Nurizka.

Ia mengingatkan, walaupun kelihatan sederhana, namun sejatinya para Barista adalah seniman, karena menjadi saorang Barista bukanlah perkara segampang membalikkan tangan, juga bukan merupakan pekerjaan mudah.

Menurutnya, Barista adalah seorang yang sudah terlatih secara profesional untuk membuat espresso, plus memiliki keahlian tingkat tinggi untuk meracik kopi yang melibatkan berbagai campuran dari rasio semacam latte atau cappuccino.

“Dan untuk menjadi seorang Barista diperlukan latihan. Bahkan tak jarang mengikuti kelas-kelas selama bertahun-tahun untuk menjadi seorang Barista,” pungkasnya. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here