ACT Apresiasi Pengabdian Guru Prasejahtera Lewat Program Sahabat Guru Indonesia

657
Ketua Dewan Pembina, Ahyudin sedang memberikan inspiration speech kepada para peserta acara program “Sahabat Guru Indonesia”.

Direktur Program ACT Wahyu Novyan menambahkan, fakta bahwa guru di berbagai pelosok negeri banyak yang berpendapatan sangat kecil.

“Masih tingginya jumlah guru berpenghasilan rendah seakan menjadi pekerjaan rumah bersama. Mereka yang telah mengabdikan diri untuk pendidikan negeri butuh perhatian lebih. Misalnya, salah satu guru di Sikakap digaji 500 ribu per bulan. Itu pun tak dibayar tiap bulan karena keadaan perekonomian sekolah yang tak menentu. Walau begitu, para pengabdi negeri ini tak kenal lelah membimbing penerus bangsanya,” ungkap Wahyu.

Melalui program Sahabat Guru Indonesia, para guru prasejahtera di Indonesia akan menerima beaguru untuk menunjang ekonomi mereka. Adapun kriteria guru yang menerima manfaat dari program ini adalah mereka yang berpenghasilan di bawah Rp 1 juta (termasuk guru honorer dan guru tahfiz), berasal dari wilayah prasejahtera, dan memiliki dedikasi mengajar yang tinggi untuk siswa-siswanya.

Sementara itu, tantangan untuk terus memajukan pendidikan anak bangsa pun terus muncul. Misalnya saja, sulitnya akses menuju sekolah, fasilitas sekolah yang belum memadai, hingga minimnya pendapatan para guru.

Salah satu cerita pengalaman menjadi guru honorer selama 10 tahun di MI Al-Huda Rancapinang, hadir dari seorang guru bernama M. Ramsudin Fajri.

“Pada tahun 2009 saya mengajar dengan sukarela tanpa ada yang bayar satu rupiah pun. Tapi semua itu terus saya jalani tanpa terhenti ditengah jalan karena pada waktu itu sekolah kami belum mendapatkan izin operasional dari Departemen Agama Kabupaten Pandeglang. Pada tahun 2010 sekolah kami baru mendapatkan izin operasional dari instansi terkait dengan jumlah murid sebanyak 21 orang dengan kondisi bangunan sekolah masih gubuk yang memiliki 2 ruang belajar dengan ukuran ruangan panjang 3×3 m2,” ungkap Fajri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here