99 WNI Sudah Dievakuasi Keluar dari Ukraina, 4 Lainnya Terjebak di Kharkiv

190

Jakarta, Muslim Obsession — Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, menyatakan sebanyak 99 warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Ukraina berhasil dievakuasi negara tetangga, Polandia dan Rumania.

“Jumlah total yang telah berada di luar Ukraina adalah 99 warga negara Indonesia dan 5 warga negara asing keluarga dari WNI kita,” jelas Retno dalam konferensi pers via daring pada Selasa (1/3).

Dari jumlah itu sudah termasuk lima WNI yang melakukan evakuasi mandiri. Saat ini, semua WNI tersebut sudah berada di dua titik aman yakni Bucharest, Rumania dan Rzeszow, Polandia.

Retno kemudian membeberkan jalur evakuasi yang ditempuh para WNI di Ukraina. Tim evakuasi, kata dia, bergerak dari perbatasan Rumania-Moldova pada Sabtu, (26/2).

Kemudian pada Minggu (27/2) pukul 16.30 waktu setempat, 25 warga Indonesia yang tinggal di Odessa,Ukraina berhasil diboyong ke Bucharest, Rumania.

Perjalanan itu menempuh waktu sekitar 35 jam menggunakan bus. Biasanya, jika tak ada insiden tertentu waktu tempuh Odessa ke Bucharest bisa ditempuh selama 10 jam.

Lalu pada Senin (28/2), tim evakuasi juga berhasil menyelamatkan 6 WNI dan 1 WNA, yang merupakan keluarga dari salah satu warga Indonesia, dari Lviv ke Polandia.

Adapun 59 WNI dan 1 WNA dari Kiev juga berhasil diseberangkan ke Rumania pada Senin (28/2) pada pukul 22.00 waktu setempat atau pada Selasa (1/3) pukul 03.00 WIB.

Sebelumnya, operasi evakuasi di ibu kota Ukraina ini akan dilakukan pada 27 Februari. Namun, saat itu pemerintah Kiev mengeluarkan instruksi baru berupa pembatasan jam malam dan warga tak diizinkan keluar rumah. Mereka yang keluar rumah akan dianggap sebagai mata-mata musuh.

Setelah sebagian besar WNI sudah dievakuasi, Retno mengatakan langkah selanjutnya.

“Setelah evacuee (WNI yang dievakuasi) berada aman di dua titik tersebut maka langkah selanjutnya penjemputan dengan pesawat untuk kembali ke Indonesia,” kata dia.

Rencana penjemputan WNI untuk kembali ke tanah air masih terus dibicarakan, sejauh ini belum ada kepastian waktu kapan mereka akan diangkut.

Di Ukraina, lanjut Retno, juga masih ada empat WNI yang di Kharkiv dan sembilan WNI di Cherniky. Mereka belum bisa dievakuasi lantaran pertempuran darat masih terus terjadi.

Selain itu terdapat 24 WNI yang memilih tinggal di Ukraina dengan alasan keluarga. Mereka telah menikah dengan warga negara Eropa Timur itu. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here